Kakemenag Kabupaten Aceh Barat luncurkan program Gerakan Tuntas Baca Al Qur'an ditandai dengan penyerahan 1.055 Al Qur'an.

Kakemenag Kabupaten Aceh Barat luncurkan program Gerakan Tuntas Baca Al Qur'an ditandai dengan penyerahan 1.055 Al Qur'an.

Meulaboh (Pendis) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat meluncurkan program Gerakan Tuntas Baca (GETBA) Al Qur'an bagi siswa sekolah umum dan madrasah.

Peluncuran tersebut dilakukan oleh Penjabat Bupati Aceh Barat, diwakili oleh Sekretaris Daerah Marhaban yang ditandai dengan penyerahan 1.055 Al Qur'an kepada guru PAI dan Guru Madrasah Aceh Barat  di aula Yayasan Al-Azhar Meulaboh, Selasa 28 Maret 2023.

Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat Suhadi mengatakan, Gerakan Tuntas Baca (GETBA) alquran tersebut bertujuan untuk meningkatkan indeks kemampuan baca alquran di kalangan siswa sekolah umum jenjang  TK, SD, SMP, SMA dan SMK dan madrasah jenjang RA, MI, MTs maupun MA.

Suhadi menjelaskan, Al Qur'an yang distribusikan tersebut merupakan wakaf yang dikumpulkan dari keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, guru pendidikan agama Islam dan masyarakat oleh penggerak GETBA Al Qur'an Aceh Barat tahun 1444 H/2023 M, yang dimotori oleh Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat.

“Semoga di momentum Ramadhan 1444 H ini, indeks kemampuan baca alquran akan jauh lebih baik dibandingkan dari tahun sebelumnya,” harapnya.

Selain itu, Suhadi juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung suksesnya program gerakan tuntas baca (GETBA) Al Qur'an di Kabupaten Aceh Barat, sehingga pelaksanaan program tersebut berjalan dengan baik.

Sementara itu, Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat,  Khairul Azhar menyampaikan, program Gerakan Tuntas Baca (GETBA) Al Qur'an merupakan program Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian Agama RI yang disosialisasikan pada tahun 2022 lalu.

Namun hingga saat ini, Kabupaten Aceh Barat satu-satunya kabupaten/kota yang menindaklanjuti Gerakan Tuntas Baca (GETBA) Al Qur'an dengan menyalurkan 1.000 Al Qur'an kepada sekolah umum dan madrasah, yang melibatkan guru penggerak dari unsur guru pendidikan agama Islam dan guru madrasah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat, Marhaban mengapresiasikan dan menyambut baik atas inisiasi pelaksanaan program gerakan baca tuntas Al Qur'an dalam bulan suci ramadhan, dengan harapan dapat menjadi langkah bersama untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al Qur'an bagi siswa di Kabupaten Aceh Barat.

Menurutnya, gerakan baca tuntas Al Qur'an menjadi langka yang sangat efektif untuk mendorong literasi Al Qur'an. Sehingga indeks siswa tidak tuntas baca Al Qur'an di Kabupaten Aceh Barat menjadi nol persen, sesuai dengan target yang ditetapkan.

Ia berharap, program tersebut dapat memotivasi guru pendidikan agama Islam dalam mengajar peserta didik dalam membaca dan memahami Al Qur'an semakin meningkat. Sebab, peran guru pendidikan agama Islam sangat penting, terutama dalam menggiatkan dan menggalakkan baca tulis Al Qur'an kepada peserta didik.

Selain itu, keberhasilan program gerakan baca Al Qur'an juga bukan hanya menjadi tanggung jawab guru pendidikan agama Islam saja, namun juga menjadi tanggung jawab semua pihak, agar dapat berjalan optimal, sekaligus menjadi langkah mendukung program pemerintah dalam memberantas buta huruf Al Qur'an, serta membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia.