Direktur KSKK Madrasah saat memberikan arahan

Direktur KSKK Madrasah saat memberikan arahan

Tangerang Selatan  (Pendis) - Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melakukan Evaluasi Pelaksanaan Realizing Education’s Promise - Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) Project atau disebut Madrasah Reform Project yang ada di tingkat Provinsi. Acara ini berlangsung di Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (13/12/2022).

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi mengatakan, selama tahun 2022 telah banyak capaian program kegiatan dan anggaran. Namun demikian tidak menutup kemungkinan adanya kendala dalam pelaksanaannya. 

“Evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan proyek REP-MEQR di tingkat provinsi di akhir tahun 2022 adalah Langkah penting untuk dapat mengambil pelajaran untuk 2023,” tutur Ishom.

Dikatakan Ishom, proyek REP-MEQR yang telah berlangsung disorot dan diapresiasi banyak pihak. Sehingga apa yang dilakukan harus memiliki dampak terhadap pendidikan madrasah. 

“Diharapkan melalui proyek ini dapat meniggalkan legacy program-program demi terwujudnya peningkatan mutu pendidikan madrasah yang mandiri berprestasi,” tegas Ishom.

Ketua Project Management Unit Realizing (PMU)  REP-MEQR Abdul Rouf, menambahkan, bahwa kegiatan evaluasi dimaksudkan untuk  Mengidentifikasi segala kendala dan tantangan serta masukan dari provinsi terkait pelaksanaan program MEQR baik yang dilaksanakan oleh PMU dan PCU.

Dikatakan Rouf, masalah serapan menjadi perhatian khusus dalam pelaksanaan program di provinsi. Sehingga kedepan dapat menjadi pembelajaran bagi PMU untuk dapat merumuskan strategi serapan anggaran yang lebih baik. “Keberhasilan program ini, harus didukung dengan kerjasama semua pihak, serta harus dilakukan dengan perencanaan yang matang,”. 

“Diharapkan PCU dapat memberikan fakta yang disinyalir menghambat dalam percepatan proyek khususnya dalam serapan anggaran, sehingga kedepan bisa memaksimalkan anggaran yang diperuntukan program REP MEQR yang ada di provinsi” pungkas Rouf.

Evaluasi Pelaksanaan Proyek REP-MEQR 2022 di Provinsi dihadiri oleh seluruh jajaran PMU dan perwakilan PCU serta para konsultan di PMU.