Pembukaan Pendampingan Teknik Penyusunan Rencana Kegiatan Pembelajaran

Pembukaan Pendampingan Teknik Penyusunan Rencana Kegiatan Pembelajaran

Bogor (Pendis) - Kementerian Agama menyelenggarakan kegiatan “Pendampingan Teknik Penyusunan Rencana Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah (PPS)” yang bertujuan sebagai pembekalan dalam penguatan teknik pembelajaran pendidikan kesetaraan pada PPS. 

Kepala Subdirektorat Pendidikan Kesetaraan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Rahmawati membuka secara resmi acara pendampingan ini dengan memberikan penguatan kepada Pokja PKPPS dalam melakukan kegiatan pembelajaran. 

Rahmawati menjelaskan, ada tiga hal yang menjadi kemanfaatan dalam kegiatan ini yakni agar para tenaga pendidik pendidikan kesetaraan PPS mampu menyusun rencana kegiatan pembelajaran pada satuan pendidikan PKPPS, mampu memahami asesmen serta menyusun instrument penilaian dan sebagai dasar pembekalan dalam membuat website e-learningPKPPS dalam rangka mendukung proses pembelajaran pada PKPPS” tegas Rahmawati.

“Ada tiga hal yang menjadi kemanfaatan dalam kegiatan ini, pertama, kegiatan ini dilakukan agar para tenaga pendidik pendidikan kesetaraan PPS mampu menyusun rencana kegiatan pembelajaran pada satuan pendidikan PKPPS,” jelas Rahmawati di Bogor, Rabu (09/11/2022).

“Kedua, agar para tenaga pendidik pendidikan kesetaraan PPS mampu memahami asesmen serta menyusun instrument penilaian. Yang terakhir,ketiga adalah sebagai dasar pembekalan dalam membuat website e-learningPKPPS dalam rangka mendukung proses pembelajaran pada PKPPS,” terangnya lebih lanjut.

Dengan tegas Rahmawati menyampaikan, Pokja PKPPS sebagai organisasi akar rumput juga mitra Kemenag perlu lebih aktif dan semangat dalam membantu penguatan PKPPS, salah satunya melalui pendampingan teknik penyusunan rencana kegiatan pembelajaran.

Rahmawati juga menambahkan bahwa e-learning PKPPS sangat penting untuk bisa segera established sebagai media kegiatan pembelajaran permanen. Beliau mengungkapkan Direktorat PD Pontren sangat menantikan e-learning segera digunakan secara permanen untuk kegiatan pembelajaran pada PKPPS. 

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini Aprilia Sakti, Sekretaris Umum Pokja PKPPS, Nurhuda Kurniawan dan Sudarjad sebagai Instruktur Nasional Pendidikan Islam yang dilaksanakan di Bogor Valley Hotel pada tanggal 9 s.d 11 November 2022.