KSM Provinsi 2023: 24.375 Siswa Berbakat Bersaing di Bidang Sains

KSM Provinsi 2023: 24.375 Siswa Berbakat Bersaing di Bidang Sains

Jakarta (Pendis) - Kegiatan KSM (Kompetisi Sains Madrasah) tingkat provinsi tahun 2023 telah resmi dilaksanakan pada tanggal 5-6 Agustus 2023. Kegiatan ini melibatkan total 24.375 peserta yang berasal dari berbagai madrasah dan sekolah di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 22.986 peserta (94,3%) berasal dari madrasah, sementara 1.389 peserta (5,7%) berasal dari sekolah.

Ujian KSM Provinsi tahun ini diselenggarakan di 355 titik lokasi yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Peserta-peserta dari berbagai wilayah berlomba-lomba dalam menguji kompetensi mereka di berbagai bidang ilmu. Hari pertama ujian, pada tanggal 5 Agustus, diujikan mata pelajaran Matematika Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Geografi Terintegrasi, Dan Ekonomi Terintegrasi, yang ditujukan untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA).

Sementara itu, pada hari kedua, tanggal 6 Agustus, peserta jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) mengikuti ujian mata pelajaran Matematika Terintegrasi dan mata pelajaran IPA Terintegrasi serta IPS Terintegrasi sedangkan peserta jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) mengikuti ujian mata pelajaran Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi.

"Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, Kompetisi Sains Madrasah menjadi wadah yang sangat penting bagi siswa-siswa berbakat kita untuk mengembangkan potensi mereka dalam bidang sains," ujar Direktur KSKK Madrasah, Moh. Ishom. "KSM bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga ajang pembelajaran dan pemacu semangat bagi siswa untuk lebih menggali pengetahuan dan keterampilan mereka."

Ishom juga menyampaikan apresiasi mendalam kepada seluruh peserta, guru pendamping, dan pihak panitia yakni dari unsur subdit kesiswaan, kanwil kementerian agama beserta jajarannya serta panitia helpdesk di seluruh titik lokasi ujian, yang telah berkontribusi dalam suksesnya pelaksanaan KSM provinsi tahun ini. Dia berharap agar semangat dalam belajar dan mengembangkan potensi di bidang sains terus ditanamkan dalam proses pendidikan di madrasah dan sekolah.

Dengan diadakannya KSM Provinsi ini, diharapkan para peserta dapat mengukur sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi pelajaran serta menginspirasi mereka untuk terus belajar dan berprestasi di berbagai bidang ilmu.