MAN 2 kota Bukittinggi Terima Penghargaan Sekolah Siaga Kependudukan Paripurna

MAN 2 kota Bukittinggi Terima Penghargaan Sekolah Siaga Kependudukan Paripurna

Bukittinggi (Pendis) --Kepala MAN 2 kota Bukittinggi, Amri.J menerima penghargaan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Paripurna tahun 2023 yang diserahkan oleh kepala BKKBN Sumbar beberapa waktu lalu di hotel Santika kota Padang. Senin (25/07/23) kepala Madrasah ini menyerahkan sertifikat dan hadiah tersebut kepada guru pembina serta perwakilan siswa yang tergabung dalam persiapan SSK MAN 2 Bukittinggi.

Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) merupakan program BKKBN untuk sekolah atau madrasah seluruh Indonesia. Melalui program ini seluruh sekolah atau madrasah memuat isu- isu kependudukan dalam mata pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler.  Kegiatan  SSK sangat efektif untuk siswa sehingga semenjak dini sekolah sudah mempersiapkan generasi muda yang memiliki perencanaan bagi kehidupannya di masa mendatang.

Kepala MAN 2 Bukittinggi, Amri.J menyampaikan rasa bangga atas pencapaian MAN 2 Bukittinggi sehingga dapat mewakili kota Bukittinggi ke tingkat provinsi. Pada kesempatan tersebut kepala madrasah juga menyampaikan bahwa untuk nominasi SSK tahun 2023 tingkat provinsi didominasi oleh madrasah. Hal ini menandakan bahwa madrasah mampu bersaing dengan sekolah umum dan ikut berkontribusi menyukseskan program pemerintah.

‘’Alhamdulillah ananda semuanya, pada awal tahun ajaran 2023- 2024 madrasah kita mendapat penghargaan bergengsi dari BKKBN provinsi Sumbar yaitu Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Paripurna. Ini menandakan bahwa madrasah mampu mengintegrasikan isu- isu kependudukan yang ada dalam program BKKBN pada setiap mata pelajaran dan kegiatan ekskul. Seperti keberadaan ekskul PIK R Miftahul Jannah yang aktif dalam memberikan edukasi konseling sebaya serta informasi yang berkenaan dengan kesehatan reproduksi remaja. Selain itu remaja juga diajak menjadi generasi yang memiliki rencana untuk masa depan," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala MAN 2 Bukittinggi juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu sehingga dapat meraih penghargaan SSK Paripurna tahun 2023. "Terimakasih banyak kepada Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar, Kakan Kemenag kota Bukittinggi beserta jajarannya, Pemerintah Daerah Kota Bukittinggi dan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Bukittinggi. Selain itu terimakasih kepada guru pembina, tim SSK MAN 2 Bukittinggi beserta siswa," ungkap Amri J.

Terakhir Kepala MAN yang enerjik ini menyampaikan bahwa hadiah yang diterima  Sabtu lalu sekarang diserahkan  kepada keluarga besar MAN 2 Bukittinggi. "Dengan kekompakan dan motivasi yang kuat kita mampu meraih prestasi. Melalui prestasi tersebut kita membuktikan madrasah mampu bersaing dengan sekolah umum. Kepada bapak ibu guru jangan berhenti sampai disini, tugas kita sebagai sekolah siaga kependudukan tetap lanjut, melalui integrasi isu kependudukan kita telah ikut membantu pemerintah dalam pengendalian demografi. Melalui program SSK ini kita terus tingkatkan kesadaran siswa untuk menjadi generasi berencana dan menyukseskan program pemerintah dalam pencegahan stunting," ungkapnya. 

Selain dalam PBM kita juga harus mengintegrasikan dalam berbagai bentuk proyek pembelajaran, poster dan ‘’menggalakkan’’ dalam media sosial. Karena Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan Indonesia akan mengalami bonus demografi pada 2045, tepat saat Republik Indonesia berusia 100 tahun. Hal ini tentunya semua pihak perlu mempersiapkan generasi muda yang unggul sehingga  bonus demografi tidak menjadi bencana demografi. Itu artinya peningkatan populasi manusia harus diiringi peningkatan produktivitas manusia Indonesia yang unggul. (Yuli/Syafrial)


Tags: # madrasah