Rektor Prof. Dr. Marjoni Imamora Lepas Gerak Jalan Bersama, di Depan Rektort UIN MY Batusangkar

Rektor Prof. Dr. Marjoni Imamora Lepas Gerak Jalan Bersama, di Depan Rektort UIN MY Batusangkar

Batusangkar (Pendis)  – Tanggal 23 Desember 2022 ditetapkan sebagai hari jadi Perguruan Tinggi Islam Negeri satu-satunya di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat, yaitu Universitas Islam Negeri Negri Mahmud Yunus (UIN MY) Batusangkar.

Sebelum ditetapkan menjadi UIN, kampus Islam di Tanah Datar ini telah melewati berbagai proses peralihan nama, mulai dari STAIN, dan IAIN Batusangkar.

Dihitung sejak berdirinya, kampus Sains Islam Refleksi Surau Minangkabau tahun 1997 hingga 2022 telah berusia 25 tahun.

Perubahan status dari IAIN ke UIN Mahmud Yunus Batusangkar ditetapkan melalui Peraturan Presiden RI No.84 tahun 2022 pada tanggal 8 Juni 2022. Berdasarkan surat keputusan ini, hari jadi UIN MY ditetapkan pada tanggal 08 juni 2023.

Untuk menyemarakkan puncak milad perak UIN Mahmud Yunus Batusangkar adakan berbagai kegiatan yang menarik. Di antaranya, gerak jalan bersama keluarga besar UIN dan berbagai perlombaan yang diikuti oleh dosen dan karyawan UIN MY Batusangkar

Gerak jalan bersama yang dilaksanakan pada rabu 04 Januari 2023, yang juga hari rabu setiap minggunya dijadikan hari olah raga buat dosen dan karyawan UIN MY Batusangkar sebelumnya, dengan mengambil start dari kampus I menuju kampus II.

Sebagai apresiasi untuk peserta gerak jalan bersama, UIN MY Batusangkar juga meyiapkan berbagai macam hadiah menarik, seperti sepeda gunung, kulkas, mesin cuci, kompor gas dan berbagai hadiah menarik lainnya.

“kami kelurga besar UIN Mahmud Yunus Batusangkar merasa bangga dan terharu karena proses menjadi UIN ini telah sempurna dari proses transformasi yang memakan waktu cukup panjang. Melelahkan, dan membutuhkan pengorbanan waktu dan pemikiran, maka dari itu mari kita jadikan momen ini kebahagian kita bersama, ucap prof. marjoni”

Hari jadi UIN Mahmud Yunus Batusangkar juga mendapatkan kado terindah dengan diraihnya dua program studi kita terakreditasi “Unggul” dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) yakni, program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) “sebut prof.

Saat ini UIN Mahmud Yunus Batusangkar sudah menggantongi delapan terakreditasi “Unggul/A” dari LAMDIK dan BAN-PT, tentu ini bukan menjadi tujuan akhir, namun menjadi pijakan/mutivasi bagi kami untuk mengembangkan dunia pendidikan dalam mencerdaskan genarasi bangsa, hal ini karena didasari prinsip bahwa kita harus terus berkembang dan berinovasi,” jelasnya.

Terimah kasih juga kepada semua sponsor yang telah memeriahkan hari jadi UIN MY Batusangkar ke-25 ini, dengan momen ini saya sampiakan, kita sudah memiliki sejarah cukup panjang, milad perak ke-25 tahun ini merupakan bentuk syukur terhadap sedah sejauh apa kita berbuat dan apa yang akan kita capai kedepannya, diharapkan dari rangkaian kegiatan inidapat meningkatkan ukhuwah kita bersama di UIN Mahmud Yunus Batusangkar, “tutup prof bidang fisika ini.(dn/hm)