Penampilan Paduan Suara SATU Voice Choir pada The 3rd JNCC, 11 Mei 2024.

Penampilan Paduan Suara SATU Voice Choir pada The 3rd JNCC, 11 Mei 2024.

Jakarta---SATU Voice Choir meraih Gold Diploma pada The 3rd Jakarta National Choir Competition yang diselenggarakan oleh Jakarta Youth Choir Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta pada Sabtu (11/05/24). 

Tim SATU Voice berhasil tampil sebagai paduan suara terbaik dengan perolehan nilai 82,16 dan meraih Gold Medalist. Event JNCC musim ketiga tahun 2024 ini mengusung tema "Uniting the Diversity Through Eternal Melody". 

Tim paduan suara dari UKM SATU Voice ini berjumlah 40 orang, di antaranya 36 singers, 1 konduktor atas nama Muhammad Fathiyya Eleazar, 1 pelatih (Coach Brillian Akbar), dan 2 Tim official. 

Pada babak final kategori perguruan tinggi dan umum ini diikuti oleh 10 tim paduan suara dari berbagai daerah. SATU Voice menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari Jawa Timur pada kategori ini. Sebelumnya tim SATU Voice telah mengikuti babak penyisihan dengan membawakan lagu terbaik berjudul Sayur Lodeh (aransemen Afdhal Dzikri). 

Pada babak final, SATU Voice Choir membawakan tiga lagu terbaik yang telah dipilih, diantaranya lagu wajib peserta, ‘Indonesia’ (Karya Julia Rebbeca Tampubolon, aransemen Septo Adi Kristanto Simanjuntak), lagu daerah, ‘Cikala Le Pong Pong’ (Lagu daerah Suku Pakpak, Sumatera Utara. Aransemen Ken Steven), dan yang ketiga, lagu Dari Sabang sampai Merauke (aransemen Gabriel Denis). 

Salah satu personil SATU Voice mengungkapkan alasan menarik mengapa memilih lagu daerah ‘Cikala Le Pong Pong’ (Lagu daerah Suku Pakpak, Sumatera Utara. Aransemen Ken Steven.) Lagu ini terkenal dengan tingkat lagu sulit, adalah karena lagu ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Dengan demikian, hal ini dapat menambah grade nilai tinggi yang diraih saat kompetisi.

Sementara itu, lagu Dari Sabang sampai Merauke (aransemen Gabriel Denis), dipilih dengan alasan keunikan sang arranger dalam membuat lagu yang sederhana menjadi indah dan kompleks. Lagu ini sesuai dengan karakter paduan suara SATU Voice Choir yang memiliki misi memadukan keberagaman suara menjadi satu harmoni suara yang menciptakan keindahan.

Tim SATU Voice telah mempersiapkan lomba ini dari akhir Januari 2024. Kejuaraan ini bukan yang pertama kali diraih oleh SATU Voice, sebelumnya SATU Voice juga pernah meraih juara 2 (medali silver) pada Festival Budaya Lintas Iman, Lomba paduan suara tingkat nasional yang diadakan oleh UKM GAS-21 UIN Surakarta, yang digelar di Gedung RRI Solo pada bulan Agustus 2022. 

Prestasi ini memperoleh apresiasi dari Rektor UIN SATU Tulungagung, Prof. Abd. Aziz. Kepada seluruh tim SATU Voice Choir dan UKM SATU Voice Rektor mengucapkan selamat atas perolehan juara yang telah diraih.

“Selamat dan sukses kepada SATU Voice. Terus belajar, semangat, dan semakin maju menjadi paduan suara nomor satu,” kata Rektor.

Rektor berharap SATU Voice semakin berkembang menjadi UKM kebanggaan yang akan terus mengharumkan nama UIN SATU Tulungagung, baik di kancah nasional maupun internasional.