Lokasi Pelepasan Kirab Obor Pospenas IX di Grobogan, Jawa Tengah

Lokasi Pelepasan Kirab Obor Pospenas IX di Grobogan, Jawa Tengah

Grobogan (Pendis) – Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) IX Surakarta akan diawali dengan kirab obor dari Api Abadi Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah. Serangkaian persiapan matang telah dilakukan termasuk pelepasan obor yang nantinya akan dibawa oleh para Pasukan Pembawa Obor.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Waryono Abdul Ghafur juga ikut berpartisipasi langsung dalam persiapan ini. Selain itu, Kabid Pontren yang datang mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi  Jawa Tengah juga terlihat hadir dalam kesempatan itu. Sejumlah santriwan dan santriwati yang bertugas mengikutinya dengan sungguh-sungguh.

Beberapa santri yang hadir diantaranya adalah para penari tarian selamat datang yang berjumlah 5 santriwati.

Kemudian ada sejumlah santri yang tergabung dalam kelompok seni pencak silat. Para santri inilah yang akan melakukan pengambilan api dari sumber Api Abadi Mrapen.

Nantinya, api obor akan diambil oleh para santri pencak silat dan akan diserahkan kepada Bupati Grobogan. Dari Bupati akan berlanjut diserahkan kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Tengah. Setelahnya, api diserahkan kepada pihak Kementerian Agama RI yang dalam kesempatan ini akan diterima oleh Direktur PD Pontren. Yang selanjutnya akan diserahkan langsung kepada para petugas pembawa obor.

Rute kirab obor ini adalah dari Mrapen-Demak-Kab. Semarang dan akan berakhir di Kantor Walikota Surakarta. Pasukan kirab akan singgah di 2 Pondok Pesantren dan akan berdoa untuk kelancaran dan kesuksesan Pospenas IX ini. Persinggahan pertama adalah Pondok Pesantren Girikesumo, Mranggen, Demak. Dan yang kedua adalah Pondok Pesantren Al Mas’udiyah, Ungaran, Kab. Semarang.