Tim Hipotesa MAN 1 Jembrana

Tim Hipotesa MAN 1 Jembrana

Jembrana (Pendis) - Bertepatan dengan Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022, Tim Hipotesa beri kado indah untuk sivitas akademika Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jembrana berupa medali perunggu dari ajang riset internasional bertajuk Water is Life (WIL) yang diselenggarakan oleh Water is Life School Maurick College, Netherlands. 

Tim Hipotesa MAN 1 Jembrana,  Mochammad Annas Firmansyah (XII IPA 1) dan Muhammad Rizky Pratama (XII IPB), mempresentasikan hasil penelitian berjudul "AWAS (Automatic Water System) as a clean water distribution device to mitigate the impact of climate change".

Mereka mengaku sangat berterima kasih kepada Allah dapat memberikan kado indah di momen Hari Guru Nasional yang jatuh pada 25 November 2022. Keduanya menuturkan kompetisi internasional yang diikuti ini adalah tindaklanjut dari perjuangan mereka saat mengikuti Center Young Scientist (CYS) tingkat nasional. 

Mereka didelegasi secara langsung oleh Tim CYS Peneliti Belia Nasional untuk mewakili Indonesia di ajang WIL. Bertarung pada kategori STEM, keduanya membuat alat pembagi air bersih bagi korban bencana alam berbasis IoT. 

"Puji syukur kepada Allah SWT atas kesempatan yang diberikan untuk meraih hasil terbaik pada kompetisi ini. Medali perunggu internasional ini kami dedikasikan untuk guru-guru MAN 1 Jembrana sebagai kado di hari guru nasional khususnya kepada Bu Lilik dan Pak Yazid selaku pembina,” ujar mereka di Jembrana, Jum’at (25/11/2022).

“WIL ini sebagai lanjutan Lomba Peneliti Belia (LPB) Nasional yang pernah kami ikuti," sambungnya.

Kompetisi WIL ini, lanjut keduanya, diikuti oleh 25 finalis terpilih dari seluruh dunia yang sebelumnya telah diseleksi secara ketat oleh juri dari ratusan karya ilmiah yang masuk. Lomba ini bertujuan untuk menjaga kelestarian sumber mata air di dunia dan strategi penggunaan air secara bijak. Sebagai penutup mereka mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua, guru pembina, Tim CYS nasional, dan segenap sivitas akademika MAN 1 Jembrana.

Kepala MAN 1 Jembrana, Agus Subagya menyampaikan rasa haru dan bangga atas kado indah di Hari Guru Nasional kali ini. Prestasi ini kembali mempertegas klasterisasi MAN 1 Jembrana sebagai madrasah unggul. Dalam wawancaranya, Agus mengucapkan selamat kepada Annas, Rizky, serta kedua pembinanya yang tiada henti memberikan prestasi terbaik bagi madrasah. 

"Mendapat kabar bahagia ini, saya mewakili sivitas akademika MAN 1 Jembrana merasa terharu dan bahagia. Prestasi ini sangat spesial karena diterima di momen yang pas dengan HGN. Ini adalah kado bagi seluruh guru MAN 1 Jembrana. Prestasi internasional ini adalah bentuk optimalisasi sumber daya manusia MAN 1 Jembrana dalam rangka mewujudkan madrasah unggul. Saya ucapkan terima kasih kepada Annas, Rizky, ibu Lilik Muntamah, dan Bapak Khairul Yazid atas kerja kerasnya," pungkas beliau.

Babak final WIL ini dilaksanakan pada hari Rabu, (23/11/2022). Pemenang  telah diumumkan secara resmi via online pada hari Kamis, (24/11/2022).