UIN Ar-Raniry Banda Aceh menerima kunjungan perwakilan The World Muslim Communities Council (TWMCC) Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) di ruang rapat re

UIN Ar-Raniry Banda Aceh menerima kunjungan perwakilan The World Muslim Communities Council (TWMCC) Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) di ruang rapat re

Banda Aceh (Pendis) -- Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menerima kunjungan perwakilan The World Muslim Communities Council (TWMCC) Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) di ruang rapat rektorat kampus tersebut, Senin (14/8/2023).

Kunjungan Dewan Komunitas Muslim Dunia ini diterima secara langsung oleh Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman MAg bersama para pimpinan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Pada pertemuan tersebut, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Mujiburrahman memaparkan gambaran umum mengenai profil kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dari mulai transformasi IAIN menuju UIN dan juga penguatan serta pengembangan UIN Ar-Raniry Banda Aceh ke depan.

"UIN Ar-Raniry Banda Aceh akan terus komitmen untuk merespon perkembangan zaman dan perubahan sosial dan juga meningkatkan kualitas akademik, pengabdian masyarakat serta lulusan yang tanggap terhadap tantangan global," kata Prof Mujib.

Lebih lanjut, melalui pertemuan ini kedua pihak juga sepakat melaksanakan kolaborasi dalam bidang penelitian dan pelatihan SDM unggul baik dosen maupun guru di Aceh.

Sementara itu, salah seorang perwakilan TWMCC Prof Nasr Arif menjelaskan bahwa saat ini juga ia bersama Prof Abbas Pannakal kehadirannya ke Aceh dan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam rangka berdiskusi dan mengumpulkan data untuk direalisasi dalam berbagai program di Aceh di kemudian hari.

"Kami akan mencoba terus untuk membina hubungan diplomatik ini dengan beberapa individu dari organisasi ini yang sejak tanggal 11 Agustus 2023 berada di Banda Aceh," kata Prof Nasr disela-sela diskusi berlangsung.

Selain itu, Prof Nasr Arif juga berharap UIN Ar-Raniry Banda Aceh menjadi salah satu tujuan kampus internasional guna mengetahui implementasi nilai-nilai syariat Islam.

"Kami berharap UIN Ar-Raniry tidak hanya mempunyai pengaruh UIN di level Nasional, khususnya dalam pengembangan Keislaman di Indonesia. Ditingkat internasional diharapkan akan menjadi salah satu tujuan kampus guna mengetahui implementasi nilai-nilai syariat yang rahmatan lil alamin," harapnya.

Pertemuan tersebut turut dihadiri para Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua LPM, Wadir dan wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan di lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Sementara dari TWMCC Abu Dhabi, Uni Emirat Arab hadir Dr Hasan Mohammed Hasan, Prof Dr Nasr Arif, Prof Dr Abbas Panakkal dan Mr Ahmad Ali. []