Ketua Alumni Letkol Inf. Nasrun Nasution, S.Ag., MMM saat memberikan sambutan

Ketua Alumni Letkol Inf. Nasrun Nasution, S.Ag., MMM saat memberikan sambutan

Padangsidempuan (Pendis)--Ikatan Alumni dalam lintas generasi Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan berkomitmen mambantu untuk kemajuan kampus mereka, terutama dalam menopang perubahan alihstatus menjadi universitas.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Alumni IAIN Padangsidimpuan Ketua Ika Alumni Letkol Inf. Nasrun Nasution, S.Ag., M.M saat melakukan silaturrahim secara virtual dengan para alumni dari Fak Tarbiyah IAIN  SU Padangsidimpuan, STAIN dan  IAIN Padangsidimpuan kemarin, Sabtu 28/05/2022.

“Alumni yang sukses tidak bisa dipisahkan dari Perguruan Tinggi tempatnya menimba ilmu. Besar atau kecil sumbangsih Perguruan Tinggi telah menjadi bagian dari suksesnya kita sebagai alumni saat ini. Maka kita yang lahir dari IAIN Padangsidimpuan memiliki ikatan emosional yang tidak bisa  dipisahkan," kata Nasrun

Maka, lanjut mantan anggota Resimen mahasiswa,  pada   kesempatan yang berbahagia ini  pihaknya  mengajak seluruh alumni untuk berkomitmen memberikan kontribusi yang bisa kita lakukan demi kemajuan IAIN Padangsidimpuan yang sebentar lagi akan beralih status menjadi UIN  Syekh Ali Hasan Ahmad Addary (UIN Syahada),” tegas katua Alumni

Kegiatan tersebut juga dilakukan diskusi dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap almamater yang masing-masing bidang memaparkan tawarannya. Bidang  Kecintaan almamater adalah merupakan bidang  yang sangat penting dalam memberikan perhatian terhadap IAIN Padangsidimpuan.
Menurut Samrul Bahri Hutabarat, bahwa peran alumni itu ada tiga yaitu Alumni sebagai katalisator,  kontributor dan iron stok.

“Alumni sebagai  Katalisator; kita sebagai Alumni punya peran dalam Mengharumkan nama almamater,  menjelaskan kampus almamater kita kepada calon mahasiswa baru dan masyarakat sehingga masyarakat berkeinginan untuk memasukkan putra-putri mereka kuliah ke IAIN Padangsidimpuan”ungkap  Hutabarat yang saat ini juga sebagai  kepala Dinas disalah satu Pemkab.

Selanjutnya, Ketua Bidang Cinta Almamater Sahru Hutabarat  menyampaikan pentingnya peran alumni sebagai  kontributor terhadap lembaga yang telah banyak memberikan kontribusi  terhadap kesuksesan kita hari ini, “Sebagai Alumni yang lahir dari IAIN Pafangsidimpuan  kita siap berkontribusi secara materiil baik berupa barang, uang, maupun yang lainnya yang sifatnya  sumbangan ikhlas dan tidak mengikat,” paparnya.

“Pengabdian yang bersifat moril dapat kita lakukan, seperti saran terhadap almamater, memberikan bantuan kepada almamater seperti memberikan kajian untuk mahasiswa baru, membantu penelitian mahasiswa baru, sebagai nara sumber dalam pelatihan Mahasiswa, MOU, info lowongan kerja dan sebagainya,” imbuh Calon Doktor Pendidikan ini.

Kemudian menurut Ketua Bidang Cinta Almamater  bahwa Alumni juga harus memilki peran sebagai Iron Stock, “Alumni sebagai Iron Stock; sebagai kader atau sumber untuk regenerasi apabila suatu saat almamater membutuhkan tenaga pengajar atau tenaga administrasi, sebagai  alumni kita harus siap untuk membantu IAIN Padangsidimpuan demi kemajuan lembaga almamater yang kita cintai,” tutupnya

Sementara Ketua Bidang Reuni A. Hasibuan menyampaikan masukan dalam silaturahim ini bahwa reuni tidak hanya sekedar temu kangen namun harus bisa kita memberikan yang terbaik untuk Almamater kita.
“Sudah tidak zamannya lagi kegiatan Alumni hanya sebatas Temu-Kangen. Karena alumni kekinian membutuhkan kegiatan lebih yang dapat memberikan kontribusi bagi almamater dan peningkatan pertemanan sesama alumni,” kata Hasibuan

Silaturrahim ini juga membahas tentang penguatan organisasi yang berkaitan dengan sosial sesama alumni dan juga menguatkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.