Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani saat membuka rapat Evaluasi PMB Nasional PTKIN 2013 di Jakarta

Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani saat membuka rapat Evaluasi PMB Nasional PTKIN 2013 di Jakarta

Jakarta (Pendis) - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Muhammad Ali Ramdhani mendorong para rektor di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk membangun jejaring internasional guna percepatan peningkatan mutu pendidikan di PTKIN.

"Secara prinsip bahwa apa yang kita lakukan semata-mata untuk meningkatkan jejaring internasional yang muaranya adalah akreditasi," terangnya dalam rapat Evaluasi PMB Nasional PTKIN 2023 di Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Hal ini sesuai dengan strategi Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas dalam memajukan PTKN yang sebelumnya disampaikan pada rapat Koordinasi PTKN di Jakarta, Kamis (7/12/2023) lalu.

"Beliau (Gusmen) menyampaikan bahwa untuk perjalanan-perjalanan luar negeri untuk membangun jejaring itu tidak ada larangan dan bahkan didorong untuk para rektor," katanya.

Dengan terbangunnya jejaring internasional, para rektor diharapkan juga dapat mepelajari lebih dalam terkait manajemen tata kelola perguruan tinggi.



Selain membangun jejaring internasional, beberapa strategi lain juga perlu dilalkukan seperti; penguatan distingsi (kekhasan dan kekhususan PTKN), transformasi digital, penguatan branding dan pemasaran PTKN, pusat pengembangan karir, serta penguatan peran alumni.

"Dimohon dalam forum ini juga merumuskan tentang bagaimana mekanisme agar kekuatan distingsi akreditasi dan lain sebagainya bisa kita bangun melalui jejaring internasional."