Penyusunan bahan ajar PAI

Penyusunan bahan ajar PAI

Tangerang Selatan (Pendis) --- Kementerian Agama RI mengaktualisasikan nilai-nilai moderasi beragama dan bela negara menjadi sebuah bahan ajar. Penyusunan bahan ajar ini sebagai buku pegangan bagi dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Perguruan Tinggi Umum  (PTU). 

Direktur PAI Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Amrullah selaku penggagas penyusunan bahan ajar moderasi beragama dan bela negara mengatakan bahan ajar ini merupakan perangkat ajar yang berupa materi pembelajaran yang membahas satu pokok bahasan, dapat berupa cetak (artikel, komik, infografis) maupun noncetak (audio dan video).

“Sehingga menjadi alat bantu dalam pembelajaran terkait topik atau materi tertentu,” ujar Amrullah di Tangerang Selatan pada Rabu malam (26/10/2022).

Amrullah menuturkan bahan ajar tersebut disusun berdasarkan kebutuhan dan pengkajian terhadap realitas perkuliahan dosen dan mahasiswa di PTU. Penyusunannya melibatkan akademisi, praktisi, dan peneliti. 

“Mereka kita anggap memiliki kompetensi cukup untuk mengaktualisasikan nilai-nilai moderasi beragama dan bela negara menjadi sebuah bahan ajar,” tukasnya.

Selain jadi buku pegangan (hand book) bagi dosen-dosen PAI, kata Amrullah, bahan ajar dan modul ini diharapkan dapat dijadikan bahan bacaan yang cukup untuk kalangan mahasiswa. 

“Saya berharap bahan ajar dan modul ini menjadi bacaan tepat untuk penguatan keberagamaan dan kebangsaan bagi dosen dan mahasiswa,” harapnya.

Menurut Amrullah, Moderasi beragama dan Bela Negara merupakan hal yang sangat penting, pasalnya penguatan keduanya akan menjadi kebutuhan penting dalam menyiapkan generasi di masa depan.

“Sehingga nantinya bahan ajar ini akan menjadi panduan bersama dalam peningkatan kapasitas beragama serta berbangsa dan bernegara,” tutupnya.