Pelaksanaan Audiensi Direktorat PAI dengan Pemerintah Kota Tangerang

Pelaksanaan Audiensi Direktorat PAI dengan Pemerintah Kota Tangerang

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama terus berupaya meningkatkan profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Demikian disampaikan, Muhammad Adib Abdusshomad, selaku Kasubdit PAI pada SMA/SMALB/SMK mewakili Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam saat audiensi dengan Pemerintah Kota Tangerang, Kamis (11/01/2024).

Beberapa hal yang disampaikan dalam audiensi ini diantaranya dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Tangerang dalam meningkatkan integritas dan profesionalitas guru-guru PAI di wilayahnya.

Atas nama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Adib menyambut sangat baik upaya dukungan Pemerintah Daerah Kota Tangerang. Beliau sangat mengapresiasi program kerja yang akan dilaksanakan khususnya yang berkaitan dengan peningkatan mutu dan kemajuan guru-guru PAI. 

"Selain itu kami sangat terbuka untuk bekerja sama dengan Pemerintah Daerah lainnya demi menciptakan guru-guru PAI yang memiliki mutu, integritas dan profesionalitas yang baik,”ujarnya.

Adib berharap audiensi antara Kementerian Agama dan Pemerintah Kota Tangerang akan menjadi langkah awal untuk peningkatan kualitas pendidikan agama islam yang berkualitas. 

Sementara itu, Kabid Diklat BKPSDM Kota Tangerang, Yunita melaporkan kegiatan audiensi ini bertujuan untuk mengetahui petunjuk teknis dalam penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan Guru PAI di Kementerian Agama yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah lain.

“Kedatangan Pemerintah Kota Tangerang di Direktorat Pendidikan Agama Islam  yaitu untuk meminta arahan dan petunjuk dalam pengelenggaraan PPG Dalam Jabatan Guru PAI karena Pemkot Tangerang belum pernah melaksanakan kegiatan ini sebelumnya,” ungkapnya

Yunita menjelaskan pada tahun 2024 Pemerintah Kota Tangerang sudah siap membantu dan mendukung penyelenggaran PPG Dalam Jabatan untuk guru-guru PAI yang berstatus PNS dan Non PNS yang sudah lulus tes akademik PPG dan memenuhi syarat administrasi.

"Kami berharap bisa melaksanakan program ini tidak lain dalam upaya untuk meningkatkan integritas dan profesionalitas guru PAI khususnya di wilayah Pemerintah Kota Tangerang,” tambahnya.

Yunita juga melaporkan jumlah guru PAI yang sudah tersertifikasi di wilayah Pemerintah Kota Tangerang berjumlah 121 orang dengan status diangkat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan 25 orang PNS Kementerian Agama. Sedangkan jumlah guru yang belum sertifikasi 748 orang, 434 sudah lulus seleksi akademik dan 314 belum lulus seleksi akademik PNS dan Non PNS.

Hadir dalam kegiatan tersebut selain jajaran dari Pemerintah Kota Tangerang, Kasubdit PAI SD/SDLB, Kasubdit PAI SMA/SMALB/SMK, Kasubdit PAI PTU serta Kasubdit GTK RA.