MA Plus Keterampilan, MAN 1 Lahat Asah Keterampilan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura

MA Plus Keterampilan, MAN 1 Lahat Asah Keterampilan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura

Madrasah Plus Keterampilan menjadi salah satu program unggulan di Kementerian Agama. Ada sekitar 340 Madrasah yang sudah mendapat SK Kementerian Agama RI sebagai Madrasah Plus Keterampilan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Untuk menguatkan program keterampilan sebagai program unggulan MAN 1 Lahat mulai melejitkan Keterampilan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Lahan Pertanian MAN 1 Lahat yang bertempat di area bumi perkemahan seluas 1 Hektar disulap jadi kebun pertanian MAN 1 Lahat yang berlimpah akan tanaman sayur-sayuran seperti jagung, kangkung, kacang Panjang, daun ubi, buncis, kopi, bayam, kacang Panjang, daun lumai serta timun. Dari hasil tanaman sayuran inilah yang menjadi salah satu program MA Plus keterampilan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Pada Hari ini Kepala MAN 1 Lahat Dra.Sumila,M.Pd.I Bersama dengan Pegawai serta beberapa siswa MAN 1 Lahat memanen salah satu sayuran yang siap panen yakni Kangkung dan juga daun lumai, Sumila mengatakan sayuran kangkung yang di panen ini sudah berumur 40 hari dan siap untuk di panen.

“Alhamdulillah, produk siswa keterampilan berupa tanaman pangan di MAN 1 Lahat membuahkan hasil yang pada hari ini kami bersamaan dengan siswa memanen salah satu tanaman pangan berupa kangkung dan daun lumai.” Ujar sumila

“tanaman yang ditanam di kebun pertanian ini murni tanpa pestisida atau bahan kimia berbahaya apapun sehingga kualitas sayurannya segar dan tidak berbahaya ketika di konsumsi” ujar Sumila

Wahlul Waka Kesiswaan MAN 1 Lahat yang juga turut mengola hasil pertanian mengungkapkan bahwa hasil panen ini dapat dinikmati hasilnya oleh seluruh warga madrasah. Selain itu kita juga membudayakan tanaman ini menjadi masakan yang sehat.

Semoga dengan adanya keterampilan agribisnis tanaman pangan ini akan mengembangkan madrasah di bidang pengelolaan madrasah plus ketrampilan. (JW)


Tags: # madrasah