MTsN 6 Agam Torehkan Prestasi di Ajang International Minangkabau Literacy Festival

MTsN 6 Agam Torehkan Prestasi di Ajang International Minangkabau Literacy Festival

Agam (Pendis) – Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Agam menorehkan prestasi dalam perhelatan akbar ‘International Minangkabau Literacy Festival’ (IMLF).

Siswa kelas IX atas nama Muhammad Arifin Ilham, dianugerahi juara 2 dalam bidang story telling pada hari Minggu (26/2), di  Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri Regional di Baso, Agam.

IMLF merupakan festival literasi yang dilaksanakan sejak tanggal 22 hingga 27 Februari di empat kabupaten-kota Sumatera Barat, yakni Padang, Padang Panjang, Bukittinggi, dan terakhir dipusatkan di Kabupaten Agam. Acara ini diikuti oleh delegasi dari berbagai negara seperti Malaysia, Brunei, India, Bangladesh, Argentina, Australia, bahkan Russia.

Perhelatan ini diisi dengan berbagai acara seperti workshop, diskusi panel, seminar literasi, pameran seni, bazaar buku murah, promosi UMKM, dan berbagai perlombaan literasi. Salah satunya adalah lomba story telling untuk remaja yang diikuti perwakilan MTsN 6 Agam.

Dalam perlombaan yang digelar pada hari pertama, Arifin tampil memukau dengan membawakan cerita dalam Bujang Sembilan dalam Bahasa Inggris. Kisah bujang Sembilan sendiri adalah legenda masyakat Minang perihal asal muasal danau Maninjau.

Kepala MTsN 6 Agam, Wellusia mengaku bangga dengan pencapaian siswanya tersebut. Beliau mengungkapkan bahwa prestasi tersebut merupakan kebanggaan untuk keluarga besar madrasah.

Selain itu Wellusia juga mengharapkan agar segenap siswa madrasah senantiasa mengasah bakat dan minatnya di bidang yang digemari.

“Ibu berharap, semua siswa madrasah selalu giat dalam mengasah bakat dan minatnya, tidak hanya dalam bidang akademik tapi dalam segala bidang demi mewujudkan madrasah hebat” ujarnya.(Diwan)


Tags: # madrasah