Madrasah English  Comunity, Inovasi Dukung Literasi Siswa

Madrasah English Comunity, Inovasi Dukung Literasi Siswa

Jakarta (Pendis)--Direktorat KSKK madrasah Ditjen Pendis Kementerian Agama Ri memiliki program yang mendukung literasi siswa dan cakap era digital, salah satu perwujudan program ini adalah Madrasah English Comunity (MEC) yang berbentuk pengayaan kemampuan literasi bahasa inggris  sekaligus penerapan digitalisasi untuk pemerataan akses dan kesempatan bagi siswa dan guru di seluruh Indonesia. MEC juga merupakan bentuk kerjasama multinasional dengan lembaga partner PEACE CORPS.

"Lanjutkan Program MEC, ini inovatif dan harus terus dilaksanakan sampai seluruh siswa peminat bahasa inggris merasakan manfaatnya, selain itu juga terdapat culture share" pesan Dirjen Pendis, Muhammad Ali Ramdhani di Jakarta (22/08/2023).

Peace Corps menempatkan beberapa WNA Asal Amerika di kota kabupaten tertentu untuk memberikan pengayaan bahasa inggris sebagai native speaker dalam kurun waktu 1- 2 tahun. Ketiga relawan Peace Corps ditempatkan di MTsN 7 Kediri, MAN 1 Blitar dan MTs Harapan Baru Ciamis. 

Direktorat KSKK menyambut hal tersebut dengan berinisiasi pengayaan bahasa inggris tersebut dengan metode hybrid lesson, dengan harapan menembus keterbatasan demi peserta didik.

Seperti yang dikatakan Plt. Direktur KSKK Madrasah, Sidik Sisdiyanto. "Mengundang native speaker itu mahal, kerjasama dengan peace corps kita dapat gratis meskipun terbatas jumlahnya, kita hybridkan saja, kita belajar bahasa Inggris sekaligus bermoderasi,”ucapnya.

Hybrid lesson ini dapat diikuti seluruh madrasah , terutama yang sudah memiliki Kelas digital akan sangat efektif. "kita spread pembelajaran ini lewat zoom dengan 1000 participant, masing-masing  kelas digital diikuti sedikitnya 30 siswa, sehingga 30000 siswa dalam sekali waktu." Papay kasubdit kelembagaan dan kerjasama menjelaskan dengan semangat

Madrasah English Comunity di dalamnya terdapat pengayaan siswa dari culture share antara kota di indonesia dan kota di luar negeri khususnya amerika, mendegar dan berbicara dengan pronounsation dari native speaker, juga berinteraksi dengan baik terhadap perbedaan yang ada.Madrasah English Comunity sudah berjalan sejak bulan April, dan direncanakan sampai bulan Desember


Tags: # madrasah