Pembina dan Pengurus OSIM MAN IC Bateng.

Pembina dan Pengurus OSIM MAN IC Bateng.

Bangka Tengah (Pendis)—Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Bangka Tengah (Bateng) menutup kegiatan Olimpiade MAN IC (Olimpic) dengan mengumumkan para pemenang. Rangkaian kegiatan yang digelar pada 28 Agustus—18 September 2022 itu menjaring 10 besar untuk masing-masing kategori  olimpiade yaitu IPA, IPS, dan Matematika.

Salvatory Devyos Talesa, peraih peringkat 1 Olimpiade IPS mengatakan, mengikuti Olimpic merupakan pengalaman yang membahagiakan karena dapat mengasah kemampuan dan mengembangkan diri.

“Soal-soalnya lumayan susah dan menarik bagi saya sehingga sangat menyenangkan bisa menjadi peserta Olimpic. Saya tidak menyangka bisa menjadi pemenang. Tentunya saya bersyukur atas pencapaian ini,” ujar siswa SMP Negeri 1 Kota Bengkulu itu.

Sementara itu, Livia Destiara, siswa SMP Negeri 1 Toboali yang meraih peringkat 1 Olimpiade Matematika mengucapkan rasa terima kasih kepada MAN IC Bateng yang telah menyelenggarakan Olimpic.

“Dengan kegiatan Olimpic tingkat nasional ini, saya dapat menguji kemampuan saya dengan mengerjakan soal-soal yang sulit dan menarik dari MAN IC Bateng. Kegiatan ini juga memotivasi dan menantang saya untuk membentuk karakter pribadi yang lebih baik dari sebelumnya,” jelas gadis yang memiliki motto There is no failure in life, it’s just that you are not ready to move forward and oppose.

Senada dengan ungkapan para juara lainnya, Raka Perdana peraih juara 3 Olimpic bidang Matematika mengungkapkan rasa syukur yang tak terhingga kerena dapat meraih peringkat 3 pada ajang nasional yang diselenggarakan MAN IC Bateng.

“Ajang olimpiade ini mengajarkan saya untuk mengasah kemampuan khususnya di bidang matematika. Saya berharap ke depannya MAN IC dapat menyelenggarakan kegiatan tingkat nasional lainnya sehingga banyak siswa yang akan terwadahi bakatnya,” ucap siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Pangkapinang itu.

Wakil Kepala MAN IC Bateng Bidang Kesiswaan, Dodi Saputra menyampaikan apresisasi kepada 504 peserta se-Indonesia yang telah mengikuti kegiatan Olimpic dengan antusias dan integritas yang tinggi.

“Meskipun kegiatan ini dilaksanakan secara daring, tetapi peserta yang mengikuti begitu antusias. Selamat kepada para juara. Bagi yang belum berhasil, bukan berarti ini adalah akhir dari segalanya, tetapi harus dijadikan pemantik untuk mengasah ilmu pengetahuan lebih luas,” katanya saat menutup kegiatan Olimpic via zoom meeting, Minggu (18/09/2022).

Kepala MAN IC Bateng, Musran yang dihubungi melalui telepon karena sedang dinas luar mengungkapkan rasa bangga terhadap berlangsungnya acara yang digagas oleh Organiasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN IC Bateng itu.

“Acara bertaraf nasional yang digelar oleh OSIM MAN IC Bateng ini menunjukkan bahwa OSIM serius menggarap program-progam yang telah disusun sejak awal terpilih,” kata lulusan IAIN Raden Patah itu.

Musran juga mengatakan, meski tidak menyaksikan secara langsung kegiatan Olimpic karena sedang dinas luar, ia tetap  memantau berlangsungnya kegiatan melalui Wakil Kepala Bidang Kesiswaan dan pembina OSIM MAN IC Bateng.

“Terima kasih saya sampaikan kepada keluarga besar MAN IC Bateng yang telah mendukung sehingga kegiatan Olimpic berjalan sukses. Tak lupa tentunya kepada para peserta yang telah mengikuti kegiatan dari awal hingga penutupan sesuai dengan juknis panitia,” ucapnya.

Terakhir, Musran berharap ke depan, MAN IC Bateng dapat menyelenggarakan kegiatan-kegiatan positif lainnnya sehingga MAN IC Bateng tidak hanya berkembang sendiri, tetapi juga memberi manfaat yang besar lembaga pendidikan lain.

Lampiran Juara Olimpade MAN IC Bateng tahun 2022.

IPA

     
       

Peringkat

Nama

Asal Sekolah

Nilai

1

Najwa Rizky Emilia

SMP Negeri 1 Kota Bengkulu

78

2

Salvatory Devyos Talesa

SMP Negeri 1 Kota Bengkulu

63

3

Khairunnisa Zahira

SMP Negeri 2 Pangkalpinang

63

4

Willie Antonio Wiguna

SMPN2 SUNGAILIAT

60

5

Livia Destiara

SMPN 1 TOBOALI

54

6

Muhammad Abyaz Faizzia

SMP NEGERI 2 PANGKALPINANG

54

7

Nayla Mendy Jacillia

SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

48

8

Dzaky Fawwaz Zulmi

SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

46

9

Cika Aura

MTs N 1 Lampung Timur

43

10

Renita

MTs Negeri 2 Bangka Barat

42

       
       

IPS

     

Peringkat

Nama

Asal Sekolah

Nilai

1

Salvatory Devyos Talesa

SMP Negeri 1 Kota Bengkulu

74

2

Livia Destiara

SMPN 1 TOBOALI

68

3

Azizah Abira nasya

MTSN 7 JAKARTA

68

4

Raka perdana

SMP negeri 2 pangkalpinang

65

5

Khairunnisa Zahira

SMP negeri 2 pangkalpinang

64

6

Adrhian Athalah Afif

MTsN 7 Jakarta

48