Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani saat menyampaikan Pidato Perdamaian

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani saat menyampaikan Pidato Perdamaian

Garut (Pendis) - PeaceSantren, pesan damai dari pesantren menggunakan 3 momentum sebagai bagian untuk mendinginkan dan meredam berbagai residu dari kontestasi kehidupan yang dialami.

"Kita hidup dalam ruang yang penuh dengan kontestasi yang kerap kali melelahkan dan membawa mental kita pada titik-titik yang kritis," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani, Sabtu (23/03/2024).

PeaceSantren merupakan momentum penting untuk menyebarkan pesan damai dan harmoni dari pesantren kepada masyarakat luas.
Kali ini, titik ketiga PeaceSantren digelar di Pondok Pesantren Al Musaddadiyah Garut, Jawa Barat.

Ramdhani membeberkan ada tiga momentum yang ingin dibawa oleh PeaceSantren. Pertama, bulan Ramadhan yang merupakan bulan suci yang banyak ulama menyebut sebagai sibghotalloh atau bermakna proses celupan dari sang Khaliq. 

"Ramadhan merupakan proses menempa kekuatan kita untuk menahan dari berbagai godaan lapar dahaga dan hawa nafsu," katanya.

"Harapannya kita semakin tangguh dalam menghadapi berbagai kontestasi yang ada dalam dunia ini. Apalagi baru-baru ini kita mengalami kontestasi yang sungguh sangat melelahkan yaitu Pemilu," sambungnya.

Melalui PeaceSantren, pesan damai dari pesantren diharapkan masyarakat dapat menerima proses demokrasi sebagai sebuah fakta yang harus dihormati.

Kedua, lanut Ramdhani, Pesantren. Pesantren merupakan tempat yang penuh dengan ruang-ruang kedamaian harmoni dan cinta kasih. "Mari kita menggelorakan nilai-nilai kedamaian dari pesantren kepada masyarakat," ajaknya.

Menurutnya, banyak hal yang menjadi pertentangan dan perbedaan pendapat di pesantren, tetapi semuanya dapat diselesaikan dengan cara-cara yang khas seperti guyonan dan sapaan sebagai wadah pengakraban.

Ketiga, Seni. Seni adalah bagian dari cara manusia untuk menghaluskan budi dan rasa. PeaceSantren adalah proses menggelorakan pesan damai dengan eksistensi pesantren serta eksistensi seni dalam menciptakan suasana yang lebih damai dalam kehidupan.

Dalam PeaceSantren ketiga ini juga diserahkan sebuah Voucher Bantuan Computer Based Test (CBT) untuk Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Musaddiyah Oleh Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah dan pelaksanaan santunan anak yatim.

Hadir dalam gelaran ini, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Staf Khusus Menteri Agama, Pj Bupati Garut, Plt. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Dirketur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktur KSKK Madrasah, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, segenap Keluarga PP Al Musaddadiyah dan para santri serta masyarakat umum.

Sebagai informasi, 5 titik lokasi PeaceSantren 2024 yaitu Pesantren Az-Ziyadah Jakarta Timur (16 Maret 2024), Pesantren Bahrul Ulum Jombang (20 Maret 2024), Pesantren Al-Musaddadiyah Garut (23 Maret 2024), Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta (27 Maret 2024), dan Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang (30 Maret 2024).