Perdana Madrasah Fest 2023, Babak Penyisihan Digelar  Secara Daring

Perdana Madrasah Fest 2023, Babak Penyisihan Digelar Secara Daring

Tangerang Selatan (Pendis) --- Madrasah Festival atau Madrasah Fest tahun 2023 tengah menggelar babak penyisihan. "Saat ini, para juri melakukan penjurian yang dilakukan secara daring untuk menyeleksi peserta  dan selanjutnya akan menjaring peserta untuk melaju ke babak final yang akan dilaksanakan secara luring pada 10-12 Agustus 2023 mendatang dan puncak kegiatannya pada 13 Agustus 2023,”ujar Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Muhammad Isom di Jakarta, Selasa (25/07/2023).  

Pelaksanaan Madrasah Fest tahun 2023 ini dimulai dengan babak penyisihan yang digelar secara daring pada 24-27 Juli 2023 dan selanjutnya babak final akan digelar secara luring pada 10-12 Agustus 2023 bertempat di Gading Serpong. Madrasah Fest 2023 ini secara umum bertujuan memperteguh akhlak mulai, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat disiplin serta menguasai ilmu Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab dengan baik dan implementasinya dalam kehidupan, ungkap Isom.

Isom menambahkan, selain itu Madrasah Fest juga bertujuan untuk memberikan kesempatan berlatih menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan serta mengharumkan nama bangsa Indonesia di even Internasional.

Madrasah Fest ini diikuti 817 peserta, terdiri atas 82 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), 227 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 508 Madrasah Aliyah (MA). Peserta berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Menurut Riska Sekretaris kegiatan Madrasah Fest 2023, ada 5 perlombaan yang tengah dilakukan penjurian secara daring yaitu, Memorizing Holy Qur’an, , Explaining Holy Qur’an, Memorizing Hadith, Reading Islamic Turats, Islamic Issues Debate Contest.

“Hasil dari babak penyisihan ini selanjutnya akan mengikuti babak final secara luring dan berbarengan dengan lomba Festival Madrasah, yaitu Reciting Holy Qur’an,Voice of Arabic, Student Chef, Calligraphy Fest, dan Creative Design Fest,”jelasnya.

Dikatakan Riska bahwa saat penjurian secara  daring yang dilakukan hari ini, banyak penampilan peserta bagus dan memukau dewan juri. "Kemampuan peserta dalam penguasaan, menerjemahkan dari kata ke kata serta dalam menjawab dewan juri sangat luar biasa,"

Dewan juri yang ditunjuk merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh panitia sesuai  kriteria yang telah ditetapkan. Dewan juri dari lomba berdasarkan bidang keilmuan ataupun pakar atau praktisi di bidangnya yang sudah bepengalaman, termasuk juga berpengalaman menjuarai lomba bidang tersebut, sambungnya.

Terkait ketidak hadiran peserta saat penjurian daring, panitia hanya memberikan dispensasi beberapa menit keterlambatan, tidak ada penjadwalan ulang di waktu berikutnya, pungkas Riska.