Foto bersama Rektor dan para pengurus ormawa terlantik.

Foto bersama Rektor dan para pengurus ormawa terlantik.

Tulungagung (Pendis) – Rektor Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN Satu Tulungagung) melantik pengurus organisasi kemahasiswan (ormawa) di lingkungan UIN Satu Tulungagung . Pelantikan dilakukan dengan menerapkan protokok kesehatan Covid-19.

Karena masih dalam situasi pandemi, pelantikan dilaksanakan secara blanded meeting melalui aplikasi secara vritual guna menjaga dan mengantisipasi tersebarnya varian virus. 

Rektor UIN Satu Tulungagung, Prof. Dr. Maftukhin dalam sambutannya seusai prosesi pengukuhan mengatakan bahwa, hari ini merupakan hari bagi mereka para mahasiswa sekarang, yakni generasi Z yang seharusnya kelak akan menyambut seratus tahun atau satu abad Indonesia yang mana disebut sebagai Indonesia Emas pada tahun 2045 yang akan datang. 

Karena pada tahun tersebut para mahasiswa saat ini yang akan menjadi pemimpin-pemimpin di masa keemasan nusantara. Karena itulah, mereka diharapkan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Persiapan akademik yang sebaik mungkin, persiapan skill yang sebaik mungkin serta persiapan leadership yang sebaik mungkin.

“Sehingga saudara punya kemampuan berkompetisi dengan mereka yang berada di kota-kota besar,” kata Rektor pada Senin (31/01/2022) akhir bulan kemarin.

Rektor yakin bahwa tempat bukan lagi sebuah persoalan dalam perkembangan-perkembangan baru. Dalam masa perubahan, apalagi perubahan dari konvensional menjadi otomatis, dari masa manual menjadi masa digital ini adalah menjadi sesuatu yang memungkinkan seseorang yang ada di wilayah yang sangat sempit, di wilayah yang sangat terpencil bisa memiliki kapasitas dan peran sebagaimana dengan yang ada di perkotaan. Oleh karena itu kita harus bisa menguasa perubahan-perubahan itu.

“Karena yang siap dengan perubahan maka dialah yang bisa berkuasa pada saat itu, dan yang tidak siap akan perubahan maka dia akan tergeser. Banyak orang hebat, banyak orang pinter namun karena dia tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan maka kecerdasannya, kepinterannya akan hangus dengan sendirinya oleh perubahan itu,” kata Maftukhin.

Oleh karena itu, masih menurut Rektor, UIN Satu Tulungagung harus melakukan berbagai perubahan dalam menghadapi fenomena perubahan tersebut. Misalnya dengan adanya aplikasi 'Satu' Pay milik UIN Satu Tulungagung sebagai alat untuk pembayaran UKT di kampus. Ini menjadi salah satu bentuk transformasi digital di UIN Satu Tulungagung. Menurut Rektor, belum ada PTKIN yang memiliki sistem semacam ini, baru PTN yakni Universitas Hasanuddin Makassar yang memilikinya. Bedanya, mereka masih menggunakan platform milik bank sedangkan UIN Satu Tulungagung tidak, meski sama-sama bekerja sama dengan salah satu bank.

Dalam kesempatan ini Rektor tak lupa mengucapkan selamat bertugas kepada segenap pengurus organisasi kemahasiswaan terlantik.

“Viva academica, vica senatorius dan viva organisatorius itulah bunyi mars mahasiswa internasional. Viva academika semoga berhasil dalam hal akademik, sebagai profesional, viva senatorius semoga sukses dalam mewakili dalam hal ini menjadi wakil warga masyarakat, dan viva organisatorius artinya semoga bisa sukses menjadi organisatoris, pemimpin yang mampu mengorganisir organisasinya dalam mencapai tujuan bersama,” kata Rektor.

“Semoga kalian bisa bisa menjalankan tugas dan amanat dari kita bersama-sama, dan semoga Allah SWT melindungi kita semua,” pungkas Rektor sebelum mengakhiri sambutannya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, segenap Dekan Fakultas dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama di lingkungan UIN SATU Tulungagung.

Berikut daftar pengurus ormawa yang dilantik oleh Rektor UIN Satu Tulungagung di Aula Lantai 6 Gedung KH Arief Mustaqiem:
1.    Pengurus Senat Mahasiswa;
2.    Pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa;
3.    Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Rupa Sekar Kusir;
4.    Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Teater Pro-Test;
5.    Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Bakat Minat;
6.    Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Geronimo;
7.    Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat Setia Hati Terate;
8.    Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Himalaya;
9.    Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pers Mahasiswa Dimensi;
10.    Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat Pagar Nusa;
11.    Pengurus Unit Kegiatan Khusus Pramuka;
12.    Pengurus Unit Kegiatan Khusus Resimen Mahasiswa 869 Surya Cakti;
13.    Pengurus Unit Kegiatan Khusus Korps Sukarela Palang Merah Indonesia;
14.    Pengurus Unit Kegiatan Khusus Koperasi Mahasiswa Al-Kautsar;
15.    Pengurus Komunitas Mahasiswa Radio Kampus Genius FM;
16. Pengurus Komunitas Mahasiswa Bola Basket;
17.     Pengurus Komunitas Mahasiswa Marching Band Derap Swara Sangkakala;
18.    Pengurus Komunitas Mahasiswa Satu Voice;
19.    Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Satu Musik.