Peserta KSM 2022 tingkat Provinsi Kalsel pada saat berkompetisi

Peserta KSM 2022 tingkat Provinsi Kalsel pada saat berkompetisi

Banjarmasin (Pendis) - Sebanyak 429 siswa peserta dari Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) se- Kalimantan Selatan bersaing untuk memperebutkan juara di tingkat provinsi, agar bisa melaju ke KSM tingkat nasional. Peserta ini dihasilkan berdasarkan hasil seleksi di tingkat kabupaten kota di seluruh wilayah Kalimantan Selatan.

KSM tahun 2022 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan diikuti 429 peserta dari 13 Kabupaten/Kota dengan rincian, tingkat MI sebanyak 78 peserta, Jenjang MTs sebanyak 117 dan tingkat MA sebanyak 234 peserta. 

KSM sendiri melombakan beberapa mata pelajaran bidang sains, yakni untuk matematika dan IPA untuk tingkat MI matematika IPA dan IPS untuk Mts dan matematika, biologi, fisika, kimia, ekonomi untuk tingkat MA.

Pelepasan balon ke udara oleh Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalsel, menandai dimulainya KSM tingkat provinsi Kalsel, yang digelar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin.

Kakanwil Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin dalam sambutannya mengatakan, KSM menjadi ajang untuk peserta mengembangkan bakat dan minatnya di bidang sains, termasuk menumbuhkan budaya kompetitif di Madrasah.

“Alhamdulillah hari ini menghadiri secara langsung kompetisi sains madrasah provinsi Kalsel 2022. Ajang kompetisi ini untuk meningkatkan kemampuan kapasitas intelektual anak-anak Madrasah, baik dalam bidang pengetahuan yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman,” tutur Tambrin di Banjarmasin, Sabtu (10/09/2022).

Tambrin mengatakan agar dapat meningkatkan iklim kompetisi di kalangan siswa madrasah, perlu dikembangkan atau dibangun kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki.

“Saya harap KSM ini akan menghasilkan siswa-siswa terbaik disetiap bidang dan menjadi SDM yang mencintai bidang keilmuannya, keberkahan dan menambah pengetahuan sehingga menghasilkan siswa-siswi yang cerdas selalu taat akan perintah agamanya,” harap Tambrin.

Turut hadir mendampingi, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah beserta staf jajarannya, Kepala Kantor Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan, Kepala Madrasah peserta KSM 2022 Provinsi Kalimantan Selatan beserta seluruh guru pendamping.