Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan berfoto bersama dan menunjukkan Piala dan penghargaan masing-masing juara yang diaraih

Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan berfoto bersama dan menunjukkan Piala dan penghargaan masing-masing juara yang diaraih

Padangsidempuan (Pendis) – Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan meraih beberap prestasi yang cukup membanggakan. Setidaknya, selama dua bulan berturut-turu konsisten alias tidak sepi dari kabar prestasi.

Terbaru, Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan memanen prestasi dengan mengumpulkan dua belas penghargaan juara lomba berbagai bidang pada tingkat regional maupun nasional.

Kabar prestasi pertama muncul dari ajang Lomba Pidato yang dilaksanakan oleh Sekolah Kader Bangsa (SKB) Wa-Salim, pada tanggal pertengahan bulan April 2022 lalu, dengan tema “Jangan Memilih Caleg Busuk”.  Selanjutnya, Dua Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan berhasil meraih juara dalam ajang lomba tersebut. Ayulia Soma menoreh prestasi sebagai Juara II  sementara Khairani Nasution mendapat prestasi sebagai juara III.

“Alhamdulillah kami bisa dapat Juara dalam lomba Pidato ini dan Kami juga mendapatkan banyak pengalaman yang menambah wawasan kami dengan mengikuti event nasional ini,” terang Ayulia Soma dan Khairani Nasution.

Lahirnya prestasi selanjutnya diraih mahasiswa IAIN Padangsidimpuan berasal dari ajang pemilihan Duta Bahasa Nasional yang digelar oleh Balai Bahasa Sumatera Utara akhir bulan Mei 2022 ini di Medan. Ialah M. Faiz Alfajri mahasiswa IAIN Padangsidimpuan yang satu-satunya perwakilan dari Kabupaten Tapanuli Bagian Selatan; Kota Padangsidimpuan, Kab. Tapanuli Selatan, Padanglawas Utara, Padanglawas dan Madina meraih prestasi sebagai Duta Bahasa Terfavorit.

“Sebagai Mahasiswa, Saya merasa penting untuk mengambil peran dalam pengembangan bahasa khususnya sebagai mahasiswa yang sedang menjalani di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Pengembangan diri melalui pemilihan duta bahasa Sumatera Utara ini dianggap sebagai wadah yang dapat mengembangkan potensi dan menambah relasi dalam hal pengembangan bahasa,”ujar Faiz

English Festival Kedua Tahun 2022 merupakan kegiatan lomba yang diikuti oleh Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan yang dilaksanakan oleh STAIN Mandailing Natal pada 25 Mei 2022. Mahasiswa IAIN Padangsidimpuan berhasil memborong sembilan  juara dengan berbagai cabang dalam English Festival tersebut.

Detilnya, mahasiswa yang berhasil meraih juara dalam lomba tersebut adalah Era Fazira meraih Juara 1 untuk lomba Speech, Nur azizah meraih Juara 1 untuk lomba Story Telling, Anggi Handayani Harahap meraih juara 2 untuk lomba Story telling, Meidy Annisa Hasibuan meraih Juara 1 untuk lomba News reading, Indah Rizki Nasution meraih Juara 3 untuk lomba Speech, Prilia Dwi Amanda meraih Juara 1 untuk lomba Sing a Song, Arini & Asyrof meraih Juara 1 untuk lomba Debate Bahasa Inggris, Faiz & Miqdad meraih Juara 3 untuk lomba Debate Bahasa Inggris, dan Masitoh Rahmadani meraih Juara 2 untuk lomba Poem (puisi)

Mendengar kabar ini, Rektor IAIN Padangsidimpuan Muhammad Darwis Dasopang memberikan apresiasi kepada seluruh mahasiswa yang mendapat juara dalam berbagai lomba dan berharap mahasiswa yang lain ikut termotivasi dan tidak mau ketinggalan untuk berprestasi menurut bidang dan keunggulannya masing-masing.

“Semoga dengan partisipasi dan perjuangan mahasiswa dalam mengikuti berbagai kegiatan itu dan berhasil meraih juara, dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa IAIN Padangsidimpuan lainnya untuk meraih prestasi yang lebih baik pada event taraf nasional maupun Internasinonal,” kata Rektor dengan penuh harap.