Abu Rokhmad (keempat dari kiri) menghadiri Turnamen Robotik Indonesia Piala Ketua MPR RI (17/05)

Abu Rokhmad (keempat dari kiri) menghadiri Turnamen Robotik Indonesia Piala Ketua MPR RI (17/05)

Jakarta (Pendis) --- Sejumlah siswa-siswi madrasah mengikuti Turnamen Robotik Indonesia Piala Ketua MPR RI 2024 di GOR Padepokan Pencak Silat Taman Mini, Jakarta Timur yang dibuka pada Jum’at (17/05). Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Abu Rokhmad hadir untuk mewakili Menteri Agama RI.

Gelaran tingkat nasional ini diikuti oleh 400 peserta dan dibuka langsung oleh ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. Dalam hal ini, ia berpesan kepada para peserta agar konsisten dalam mendalami robotic untuk optimalisasi dalam kecepatan proses produksi di berbagai industry seperti industri pertahanan, Kesehatan, dan pertanian.

Begitupun dengan Kementerian Agama, khususnya di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, digelar kompetisi bergengsi tahunan antar siswa madrasah bertajuk Madrasah Robotic Competition atau sering disingkat MRC.

“Kami di Ditjen Pendidikan Islam juga sudah concern terhadap perkembangan robotika khususnya di kalangan siswa madrasah. Tahun ini kita akan menggelar MRC dan akan menjadi MRC kali ke-9” ungkap Abu Rokhmad di kesempatan yang sama.

Guru besar UIN Walisongo Semarang ini mengungkapkan bahwa beberapa madrasah menjadi pilihan para siswa-siswi tingkat menengah pertama karena memiliki ekstrakulikuler robotic yang aktif. MRC yang pertama kali digelar hampir 1 dekade lalu menjadi ajang bergengsi di kalangan siswa/i madrasah.

“Antusiasmenya sangat tinggi. Tahun ini pula, kami berharap baik siswa/i maupun pelatih dan guru pendamping mulai bersiap. Tapi ingat, MRC ini hanyalah sarana untuk menyalurkan minat dan semangat siswa kita. Jangan jadikan kompetisi ini adalah sebuah tujuan, karena jalan menuju expert masih panjang dan perlu diperjuangkan” pungkas Abu pada Jumat (17/05).