Direktur GTK Madrasah, Muhammad Zain

Direktur GTK Madrasah, Muhammad Zain

Jakarta (Pendis) - Kementerian Agama RI, dalam hal ini Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam akan menyelenggarakan tes wawancara calon Guru dan Tenaga Kependidikan pada MAN Insan Cendekia (MAN IC), MAN Penyelenggara Program Keagamaan (MAN PK) dan MA Kejuruan Negeri (MAKN).

Direktur GTK madrasah, Muhammad Zain menuturkan, bahwa seleksi penerimaan Guru dan Tenaga Kependidikan ini terbuka bagi PNS dan Non PNS. Ia menegaskan wawancara ini diperuntukan bagi peserta yang dinyatakan lulus seleski Berkas dan CBT.

"Wawancara ini hanya diberlakukan bagi peserta yang telah lolos seleski Berkas dan CBT," ujarnya di Jakarta, Selasa (13/06/2023).

Menurut Zain, penerimaan Guru dan Tenaga Kependidikan MAN IC, MAN PK dan MAKN ini, sebagai upaya Kemenang dalam meningkatkan mutu penyelenggaran MAN Insan Cendikia, MAN Program Keagamaan dan MA Kejuruan Negeri. 

“Seleksi Nasional ini  diharapkan dapat menjaring pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten, profesional dan berintegritas,” kata Zain.

Nantinya, lanjut Zain, materi wawancara yang akan diberikan meliputi kompetensi pedagogik, wawasan kebangsaan-moderasi beragama, dan peer teaching yang akan dilaksanakan 2 tahap.

"Tahap pertama, tanggal 15 Juni 2023. Sedangkan tahap kedua akan kami laksanakan pada tanggal 20 Juni 2023," jelasnya.

Terakhir, Zain menegaskan penentuan kelulusan seleksi Guru dan Tenaga Kependidikan MAN IC, MAN PK dan MAKN menjadi kewenangan Direktorat GTK Madrasah dan ditetapkan melalui Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama. 

Peserta yang dinyatakan lulus, agar melakukan pemilihan tempat lokasi ujian secara online melalui akun masing-masing pada laman: Seleksi PTK MAN Unggulan.