KIR MAN 1 Medan Raih Silver Asean Innovative Science Environmental
And Enterprenuer Fair (AISEEF)

KIR MAN 1 Medan Raih Silver Asean Innovative Science Environmental And Enterprenuer Fair (AISEEF)

Medan (Pendis). Siswa/I  MAN 1 Medan menambah koleksi prestasi dalam ajang perlombaan  Asean Innovative Science Environmental And Enterprenuer Fair (AISEEF) di Fakultas  Teknik Universitas Dipenogoro Semarang.

Perlombaan tersebut menciptakan sistem  Tracking Satelit Portable diciptakan untuk kebencanaan, yang secara otomatis dapat mengikuti orbit satelit. Kompetisi tersebut berlangsung pada tanggal 25 Januari tahun 2023 yang di ikuti lebih dari 365 team dari 15 negara.

Siswa yang ikut kompetisi ini diantaranya adalah, Muhammad Hafizh Nasution (leader), Delvin Adli, Dio Aliqbal, Zasqia Maharani, Meily Sofianti serta Doni Anggara selaku pelatih Kelompok Ilmiah Remaja (KIR).

Kepala MAN 1 Medan Reza Faisal ketika dikonfirmasi langsung menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan yang diraih siswa/I MAN 1 Medan serta apresiasi secara simbolis kepada seluruh siswa/i yang berhasil meraih Silver Asean Science Innovative Environmental And Enterprenuer Fair (AISEEF) di Fakultas Teknik Universitas Dipenogoro Semarang.

"Saya sangat senang dan merasa bangga atas pencapaian dan keberhasilan anak- anak kami pada Kompetisi tersebut.“ ucapnya, Selasa (14/02/2023)

Menurut Reza Faisal bahwa Inovasi sistem Tracking Satelit Portable diciptakan untuk kebencanaan, yang  secara otomatis dapat mengikuti orbit satelit. Experiment percobaan seperti ini sangat cocok untuk negara kita yang yang rawan bencana, karena terletak di atas Cincin Api Pasifik (Pacific Ring of Fire), yang merupakan rangkaian gunung berapi aktif yang membentang di Samudra Pasifik, yang sewaktu-waktu bisa meletus, serta mengakibatkan gempa bumi dan tsunami, terangnya.

Kita harus melanjutkan penelitian/experiments yang telah dilakukan oleh Hafizh untuk menemukan inovasi-inovasi lainnya yang bermanfaat untuk Communication and Rescue (CORE)”, ujarnya.

Reza berharap prestasi yang diraih mampu menumbuhkan semangat belajar serta mengembangkan bakat sehingga mampu meraih prestasi ditingkat Provinsi, nasional serta Internasional yang membanggakan nama madrasah

Muhamad Hafizh Nasution Siswa kelas XII MIA IX ketika dikonfirmasi melalui telepon selular mengatakan, Hafizh bersyukur dan menuturkan terima kasih kepada Orang Tua, Guru  serta pembimbingnya Muhammad Doni Anggara, yang selalu mendampingi (Mentoring) serta memotivasi mereka untuk menyelesaikan percobaan tersebut.

Sebagai Team Leader, Hafizh juga mengucapkan terima kasih kepada anggota team yang telah bekerja sama dengan baik dalam mewujudkan karya mereka. Dimana alat eksperiment percobaan tersebut berfungsi serta dapat mendirikan antena dalam keadaan darurat untuk dukungan komunikasi bencana”. Imbuhnya.

Selanjutnya WKM Humas MAN 1 Medan Kurnia Senja Siregar  menyatakan jangan cepat merasa puas atas keberhasilan yang baru didapat karena masih banyak lagi even-even yang menantang di luar sana, baik tingkat nasional maupun tingkat internasional. Jadi, teruslah berbuat yang terbaik dan jadikanlah ini sebagai motivasi dan semangat untuk terus meningkatkan prestasi yang terbaik di masa yang akan datang. 


Tags: # madrasah