Kakanwil Jambi saat membuka KSM 2022 tingkat Provinsi Jambi

Kakanwil Jambi saat membuka KSM 2022 tingkat Provinsi Jambi

Jambi (Pendis) – Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi menyelenggarakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Jambi selama 3 hari, yaitu pada Jumat hingga Minggu, 9- 11 September 2022. Kanwil Kemenag Jambi menunjuk Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Jambi dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Jambi sebagai tuan rumah pelaksana.

KSM Tingkat Provinsi Jambi dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia pada Jumat (9/9) di aula MAN 2 Kota Jambi, serta dihadiri oleh sejumlah Kepala Kemenag Kabupaten/Kota atau yang mewakili dan perwakilan pimpinan madrasah se-provinsi Jambi sebagai bentuk dukungan dan semangat bagi para peserta KSM dari daerahnya masing-masing.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi (Kakanwil Jambi) Zoztafia berterima kasih kepada jajaran Kemenag Kabupaten/Kota dan madrasah se-provinsi Jambi yang telah mendiseminasikan gelaran KSM baik tingkat kabupaten/kota maupun tingkat provinsi.

“Terpantau bahwa Kepala Kemenag dan Kepala Seksi pada Kemenag Kabupaten/Kota dan disambut seluruh pegawai Kemenag Kabupaten/Kota turut mempromosikan KSM di daerahnya sehingga pembukaan pelaksanaan KSM yang dilaksanakan hari ini dapat terlaksana dengan semarak sebagai representasi kebanggaan dalam mendidik para siswa di madrasah dan mendorong kemampuan terbaik para siswa dalam sebuah kompetisi,” tutupnya.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Dedi Irama Silalahi menjelaskan bahwa pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Jambi ini bertujuan memberikan kesempatan kepada seluruh siswa madrasah untuk berkompetisi dalam berbagai bidang sains demi peningkatan mutu madrasah secara komprehensif melalui prestasi terbaik para siswa dalam berkompetisi serta peningkatan minat belajar dan kreativitas siswa. 

Dedi menambahkan, KSM ini akan dilakukan dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas sehingga dapat dijadikan sebagai motivasi siswa untuk berjuang gigih menunjukkan yang terbaik dalam pengetahuan mengenai nilai-nilai Islam dan sains sebagai ilmu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. 

KSM ini akan dapat melatih para siswa untuk mengembangkan daya nalar dan mampu mengaplikasikan kemampuan langkah membangun kreativitas kedepannya. 

“KSM ini merupakan sarana strategis bagi para siswa untuk mengaplikasikan apa yang didapat dalam pendidikannya. Mari laksanakan KSM ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan sistem yang berlaku,” ungkap Dedi.

Peserta KSM Tingkat Provinsi Jambi ini merupakan peserta terbaik pertama hingga pemenang ketiga pada KSM Tingkat Kabupaten/Kota di provinsi Jambi dengan total keseluruhan peserta 363 peserta. 

Selanjutnya, peserta terbaik yang menjadi juara dalam KSM Tingkat Provinsi Jambi ini akan dikirim ke tingkat selanjutnya untuk mengikuti KSM Tingkat Nasional mendatang. 

“Dari 363 peserta, nanti akan terpilih 11 terbaik yang mewakili Jambi pada KSM Tingkat Nasional. Semoga Jambi dapat meraih emas pada KSM Tingkat Nasional yang rencananya akan digelar bulan depan. Jambi tidak pernah keluar dari peraihan 5 besar pada persaingan tingkat nasional,” tandasnya. (WE)