Penandatanganan nota kesepahaman/MoU

Penandatanganan nota kesepahaman/MoU

Serang (Pendis) - Pemerintah Kota Serang menyerahkan hibah tanah seluas 4. 937 m2  kepada Kantor Kementerian Agama Kota Serang untuk pembangunan madrasah negeri. Acara ini ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Walikota Serang dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Serang.

Acara yang bertempat di MAN 2 Kota Serang ini dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman/MoU antara Walikota Serang dengan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, yang diwakili oleh Direktur KSKK Madrasah untuk pendirian dan pembangunan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Serang.

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh.Isom mengapresiasi langkah positif yang dilakukan Pemkot Serang ini. Menurutnya, upaya yang dilakukan oleh Pemkot Serang untuk menjaring kerjasama dengan Kementerian Agama sangat membanggakan dan akan berdampak positif. 

“Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Serang, kerjasama ini mendatangkan manfaat dan hal yang positif kedepannya,” ungkap Isom di Serang, Selasa (20/09/2022).

Isom juga menyampaikan terimakasih atas segala support dan perannya untuk mewujudkan pemerataan akses pendidikan madrasah negeri kepada Walikota Serang  dan segenap jajarannya, Kantor Kemenag Kota Serang serta Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten.

“Banten merupakan provinsi wajah Pendidikan Islam Indonesia dimana begitu banyak prestasi Nasional yang ditorehkan oleh  Provinsi Banten,” ujarnya.

“Harapannya prestasi-prestasi tersebut bisa terus ditingkatkan dan dipertahankan agar menjadi Madrasah Mandiri Berprestasi,” tambahnya. 

Kemenag RI, lanjut Isom, menjadi Kementerian yang memberikan layanan Pendidikan Islam untuk misi mewujudkan amanat undang undang dalam pendidikan. Salah satunya pendirian Madrasah Negeri maupun penegerian madrasah, melalui Direktorat KSKK Madrasah setelah dipenuhi persetujuan Kemenpan RB. 

“Pendirian Madrasah Negeri merupakan wujud kehadiran perhatian negara pada pemerataan akses pendidikan masyarakat yang lebih baik,” tuturnya.

Kakanwil Kemenag Provinsi Banten, Nanang Fatchurrohman menyampaikan kebanggaan kepada sosok Walikota Serang yang sangat peduli terhadap Pendidikan Islam dengan berbagai dukungan dan kerjasama ini. Disampaikan juga ucapan terima kasih kepada Kajari, Polres Kota Serang, dan Dandim  Kota Serang yang turut hadir melengkapi wujud dukungan pada kerjasama ini.

Sementara itu, Walikota Serang, H. Syafrudin, dalam sambutannya menyampaikan penyerahan hibah tanah dan menandatanganan MoU ini sejalan dengan keinginan masyarakatnya. Menurutnya, bahwa kuncinya adalah silaturahmi, dengan silaturahmi sinergi antar lembaga atau badan layanan masyarakat akan terlaksana dengan apik dan solutif. 

“Saya tidak sanggup membiarkan Kota Serang  tidak memiliki MIN sedangkan dekat rumah orang tua saya ada MIN, apalagi ini merupakan kepentingan bersama untuk mewujudkan akses pendidikan yang lebih baik,” tukas Walikota.

Kepala Kantor Kemenag Kota Serang, Abdul Rojak menyampaikan kebanggaannya atas pemberian hibah tanah dari Pemkot Serang yang dilanjutkan MoU antara Pemkot Serang dengan Ditjen Pendidikan Islam untuk mendirikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri. 

“Kami dan segenap  jajaran Kankemenag Kota Serang dan masyarakat sangat bahagia karena setelah menunggu 15 tahun akhirnya akan terwujud madrasah ibtidaiyah negeri di Kota Serang. Dan pada tahun ini, alhamdulillah, Kota Serang sebagai juara umum KSM (Kompetisi Sain Madrasah) tingkat provinsi,” katanya. 

Turut hadir dan bersaksi dalam acara serah terima hibah dan penandatanganan MoU ini pejabat dari jajaran Dit. KSKK Madrasah, pejabat di Kanwil, pejabat Pemkot dan Kankemenag Kota Serang  serta puluhan kepala RA, Kepala Madrasah dan tokoh masyarakat  dari Kota Serang yang sangat mengidamkan adanya Madrasah Ibtidaiyah Negeri di pusat peradaban Kerajaan Banten di masa lalu ini. (eway dan has)


Tags: # madrasah