Direktorat Pendidikan Agama Islam

Menag Beri Penghargaan kepada Pemenang Lomba Video Moderasi Beragama

Jakarta (Dit. PAI) – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan penghargaan secara langsung kepada pemenang lomba video pendek pesan Moderasi Beragama pada malam launching aksi moderasi beragama, Rabu (22/09/2021). Penguatan Moderasi Beragama merupakan salah satu program prioritas Kementerian Agama di bawah kepemimpinan Menag Yaqut Cholil Qoumas yang pada implementasinya dapat terdiseminasi kepada lembaga pendidikan, baik madrasah, sekolah, maupun perguruan tinggi.

Pengumuman pemenang lomba video pendek yang diselenggarakan pada Malam Launching Aksi Moderasi Beragama mengundang Guru, Siswa dan Mahasiswa yang meraih juara 1 untuk hadir pada acara tersebut. Wahyu Nisawati Mafrukha selaku guru PAI SMA Negeri 2 Purwokerto mengaku senang karena mendapat kesempatan menerima penghargaan dari Menteri Agama RI atas karyanya yang meraih juara 1 lomba video pendek kategori Guru Pendidikan Agama Islam.Â

“saya sangat bersyukur dan Bahagia bisa hadir diantara orang-orang hebat, orang-orang besar tanah air tercinta. Sungguh saya tak menyangkanya sama sekali.” Ujar Wahyu.

Juga hadir, Annisa Tazqia Sari siswi SMK Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur mengaku tidak menyangka akan diundang ke Jakarta untuk menerima penghargaan dari Menag. “Senang yang pasti kak bisa ke Jakarta dengan Prestasi dan panitianya juga ramah-ramah,” ujarnya.

Penyerahan penghargaan pemenang juga dibarengi Rilis pedoman penguatan moderasi beragama yang diselenggarakan secara daring dan luring, dipusatkan di gedung Kementerian Agama, Jl. MH Thamrin No. 6, Jakarta. Rilis ini dilakukan Menag Yaqut bersama Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, serta Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto.

Adapun daftar pemenang lomba video pendek Pesan Moderasi Beragama sebagai berikut:


Kategori Guru PAI

Juara 1 Wahyu Nisawati Mafrukha, Guru PAI SMA Negeri 2 Purwokerto | Judul video: Malu.

Juara 2 Marijo, Guru PAI SD Muhammadiyah Salatiga | Judul: Berdampingan.

Juara 3 Khoirul Umam, Guru SD Islam Al Azhar 29 | Judul: Beda Agama Tetap Tetangga


Kategori Mahasiswa

Juara 1 Akil Islami Syahrawi, Mahasiswa Institut Teknologi Indonesia | Judul video: Rahmat.

Juara 2 Khotibul Umam, Mahasiswa Unusia Jakarta | Judul: Pepeling.

Juara 3 Deni Saputra, Mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara | Judul: Momol.


Kategori Siswa

Juara 1 Annisa Tazqia Sari, Siswa SMK Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur | Judul video: Agen Moderasi Beragama.

Juara 2 Muhammad Royyan, Siswa SMA Negeri 7 Purworejo | Judul: Harmony In Diversity.

Juara 3 Riska Anindya, Siswa SMAN 3 Purworejo | Judul: Plural is me.

(Miftah)