Direktorat Pendidikan Agama Islam

Melihat Semangat dan Antusiasme Upaya Penerbitan Jurnal Ilmiah PAI

Jakarta (Dit. PAI) – Para pengelola Jurnal Ilmiah PAI SMP dari berbagai provinsi dan Kabupaten/Kota menunjukkan semangat dan kegairahan besar dalam upaya menyusun dan menerbitkan jurnal dimaksud.

“Kita insya Allah akan memiliki 45 Jurnal Ilmiah PAI SMP pada tahun ini. Laporan yang kami terima dari berbagai daerah menunjukkan antusiasme dan semangat yang besar untuk menerbitkan Jurnal Ilmiah PAI SMP,” kata Kasubdit PAI pada SMP/SMPLB Agus Sholeh di Jakarta (14/6/2022).

Agus menambahkan, semangat dan antusiasme tersebut perlu diimbangi dengan upaya untuk menjaga kualitas jurnal.”Jurnal PAI SMP ini adalah panggung bagi para GPAI dan pengawas PAI dalam menunjukkan kreativitas dan inovasi karya ilmiah. Para pengelola harus memperhatikan aspek kualitas penulisan jurnal tersebut,” tegas Agus.

Terkait antusiasme MGMP PAI Provinsi dan Kabupaten/Kota, Herry Zakaria Anshary, selaku Koordinator Penerbitan Jurnal Ilmiah SMP, menyatakan optimismenya. “Semangat para pengelola jurnal Ilmiah PAI SMP sangat terlihat. Semoga ini menjadi energi positif untuk mengelola jurnal PAI SMP seterusnya,” harap Herry.

Herry menambahkan, tahun ini 45 MGMP PAI SMP tingkat provinsi dan kabupaten/kota bergerak secara serentak untuk menyusun dan mengembangkan jurnal ilmiah PAI SMP.

Semangat para pengelola/penerima bantuan pengelolaan Jurnal SMP terlihat dari berbagai koordinasi yang dilakukan di tingkat provinsi (Kepulauan Riau, NTB, Papua Barat) dan tingkat kabupaten/kota (Kota Balikpapan, Kab. Bintan, Kab. Tanjung Jabung Barat, Kota Jakarta Pusat, Kab. Purwakarta, Kab. Pinrang, Kota Waringin Barat, dan Kab. Purbalingga).

Koordinasi dilakukan pengurus MGMP tingkat provinsi dan kabupaten/kota dengan Kanwil Kementerian Agama provinsi dan kabupaten/kota serta Dinas Pendidikan setempat, mitra bestari, dan perguruan tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Hal demikian sebagaimana ditunjukkan MGMP PAI SMP Kota Balikpapan yang melakukan koordinasi dengan Kasi PAIS, STIT Balikpapan dan pengurus MGMP untuk Pembentukan Tim Redaksi, Penunjukan Mitra Bestari, pelaksanaan Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, dan Persiapan Penerbitan Jurnal (8/6/2022).

“Alhamdulillah kami sangat terbantu dengan dukungan dari Kemenag lewat Kasi PAIS Kota Balikpapan dalam upaya penyusunan jurnal PAI SMP ini. Kami harapkan, ke depannya kami dapat bekerja sama lebih baik dengan berbagai pihak terkait untuk mewujudkan jurnal PAI SMP yang lebih berkualitas, yang mampu memfasiltasi peningkatan jenjang karir GPAI dan pengawas", kata Jamaluddin, Ketua MGMP PAI SMP Kota Balikpapan (13/6/2022).

Pernyataan Jamaluddin secara umum mewakili harapan, tekad, dan semangat para pengurus MGMP lainnya yang mengelola Jurnal Ilmiah PAI SMP. (HerryZ)

(01)