Direktorat Pendidikan Agama Islam

(Pokjawas PAI) Pokjawas PAI Provinsi Jawa Tengah Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Ungaran (Dit. PAI) -- Pokjawas PAI Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Upgrading dan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka PAI pada hari Senin-Selasa tanggal 25-26 Juli 2022 bertempat di PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah di Kota Ungaran Kabupaten Semarang.

Kegiatan Upgrading dan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka PAI adalah kegiatan perdana dari hasil Rapat Kerja Pokjawas PAI Provinsi Jawa Tengah Periode 2022-2025.

Berdasarkan keterangan ketua Pokjawas PAI Provinsi Jawa Amir Mahmud, kegiatan ini merupakan kolaborasi dua Bidang, Upgrading merupakan program kerja Pengurus Bidang Organisasi, sedangkan kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka PAI adalah program kerja Pengurus Bidang Kompetensi Pengawas Pokjawas PAI Provinsi Jawa Tengah.

Menurutnya, dinamika perkembangan situasi dan kondisi baik secara eksternal maupun internal organisasi/kelembagaan yang dinaungi oleh pengawas PAI, menuntut adanya respon yang positif. Upgrading diperlukan untuk me-refresh kembali semangat kerja dalam menjalankan tugas dan fungsi pengawas PAI.

Dalam kesempatan tersebut, PTP Bidang Kesiswaan Subdit PAI pada PAUD/TK Herman menyampaikan materi "Memperkuat Peran dan Fungsi Pengawas PAI dalam Perkembangan dan Wacana Perubahan Regulasi".

Ia menyampaikan bahwa isu- isu yang berkembang terkait pengawas sekolah secara umum dan pengawas PAI secara khusus memerlukan wadah untuk menyatukan persepsi dan sikap, termasuk dalam hal ini mengenai isu penghapusan pengawas. "Kita harus update terhadap informasi dan regulasi, termasuk adanya kebijakan moratorium pengangkatan pengawas PAI. Hal ini menjadi fenomena yang perlu dipahami bersama untuk kemudian disikapi secara arif dan bijaksana," pungkasnya.

Diikuti 225 peserta yg terdiri dari semua perwakilan Pokjawas PAI se-Jawa Tengah, sumber dana kegiatan pelatihan ini berasal dari kas Pokjawas PAI Jateng dan iuran gotong-royong peserta. (Wahid/Setyo)

(01)