Direktorat Pendidikan Agama Islam

Launching Jurnal Al Mudarris, Direktorat PAI: GPAI Bagian Masyarakat Akademik

Purwakarta (Direktorat PAI) – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kabupaten Purwakarta mengadakan acara peluncuran (launching) Jurnal Ilmiah PAI SMP "Al Mudarris" pada Rabu (7/9/2022). Launching dikemas dengan tema "Launching Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam".

Pelaksanaan acara dihelat di aula Bank Jabar-Banten Cabang Purwakarta pada Rabu tanggal 7 September 2022. Turut hadir dalam launching ini, Kadisdik Purwakarta, Purwanto, Ketua STAI Dr. Khez Muttaqien, Iman Tabroni, Kasi PAI SMP Kanwil Kemena Jabar, Kasi PAI Kemenag Purwakarta, Casmita, Kasi PTK SMP Disdik Purwakarta, Asep Rahmatudin, dan Ketua DPD AGPAII Purwakarta, Lulu Makiyah.

Launching jurnal disemarakkan dengan kehadiran Ketua MGMP SMP seluruh mata pelajaran, para pengawas PAI, dan para kepala sekolah SMP di Kabupaten Purwakarta.

Mewakili Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berhalangan mengikuti, Kasubdit PAI pada SMP/SMPLB Agus Sholeh menyampaikan ucapan selamat dan apresiasinya secara daring.

"Kita tahu, kerja literatif membutuhkan ketekunan, kesungguhan, dan keikhlasan, terlebih menyusun dan menerbitkan jurnal ilmiah. Untuk itu, kami sampaikan apresiasi yang tinggi kepada tim redaksi Jurnal Al Mudarris. Selamat atas peluncuran Al Mudarris pada hari ini," katanya (7/9/2022).

Dirinya juga menggarisbawahi, penerbitan Jurnal Ilmiah PAI SMP Al Mudarris menegaskan bahwa GPAI bukan hanya guru agama. "Kehadiran Jurnal Ilmiah PAI SMP Al Mudarris bersama jurnal serupa di berbagai wilayah lainnya menegaskan satu hal mendasar, bahwa GPAI adalah bagian dari masyarakat akademik, khususnya dalam ranah pendidikan. Mari kita manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan dan wadah intelektual ini semaksimal mungkin," harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kadisdik Purwakarta, Purwanto, menyatakan kekagumannya atas penerbitan Jurnal PAI SMP "Al Mudarris". "Selamat atas peluncuran Jurnal PAI SMP Al Mudarris ini. Ini adalah langkah maju yang patut diteladani MGMP lainnya. Bayangkan, GPAI mampu membuat Jurnal Ilmiah PAI, bukan sebuah publikasi biasa," ujarnya.

Dengan produk Jurnal Al Mudarris, GPAI SMP Kabupaten Purwakarta, Purwanto menambahkan, nyata memiliki kreativitas yang menonjol. Dia berharap, capaian ini mampu memotivasi MGMP lainnya untuk berkarya serupa. "Saya harapkan MGMP lain, semisal MGMP Bahasa Inggris, mampu membuat Jurnal Ilmiah mengenai pembelajaran Bahasa Inggris," pintanya.

Ditemui terpisah, Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) Ahli Muda pada Subdit SMP/SMPLB Herry Zakaria Anshary memberikan tanggapannya mengenai kiprah GPAI dan perkembangan penerbitan Jurnal Ilmiah PAI SMP.

"GPAI memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan siswa yang takwa. Takwa dalam batasan ini adalah dalam literasi, numerasi, dan moderasi," urainya.

"Untuk perkembangan jurnal Ilmiah PAI SMP hingga hari ini: yang sudah launching sekitar 20 persen, yang sudah memiliki nama sebanyak 100 persen, yang sudah memiliki ISSN 60 persen, kesemuanya dari agregat jumlah 45 Jurnal Ilmiah PAI SMP," terangnya. (SM/SubditSMP)

(01/SM)