Direktorat Pendidikan Agama Islam

Direktur PAI: Gebyar PAI TK Momentum Sinergikan Nilai Moderasi Beragama

Jakarta, (Direktorat PAI) - Direktorat Pendidikan Agama Islam akan menyelenggarakan Gebyar Pendidikan Agama Islam (PAI) Taman Kank-kanak (TK) Tingkat Nasional dalam rangkaian kegiatan Festival PAI bulan Oktober-November 2022.

Menurut Direktur Pendidikan Agama Islam Amrullah, dalam Rapat Sosialisasi Gebyar PAI TK pada Kamis (15/9) yang dilaksanakan secara daring, kegiatan ini merupakan momentum untuk menunjukkan implementasi dan penguatan nilai-nilai Moderasi beragama (MB) sebagai bentuk kecintaan peserta didik terhadap agama, tanah air, dan kebhinekaan pada jenjang TK.

“Program ini bisa menampilkan bagaimana implementasi Moderasi Beragama yang bisa atau yang sudah dilakukan oleh stakeholder PAUD/TK, khususnya di lingkungan Forum Komunikasi Guru PAI TK. Nilai MB harus disampaikan kepada guru dan siswa,” katanya (15/9). Hal demikian disampaikan Amrullah kepada PTP Bidang PAI/PAKIS/Pendis dan FKGPAI Nasional/Provinsi seluruh Indonesia yang hadir dalam rapat daring.

Kasubdit PAI pada PAUD dan TK Lelis Tsuroya Herniatin menerangkan, “Gebyar PAI TK merupakan bagian dari kegiatan Ekstra Kurikuler PAI di (TK) dari tingkat regional, Kabupaten, ataupun Provinsi. Kegiatan ini meliputi ekshibisi bidang seni, karya, dan keterampilan dari peserta didik Taman Kanak-kanak,” sambungnya. Gebyar PAI TK terakhir dilangsungkan pada tahun 2019 dan sempat terhenti selama masa pandemi.

Mengambil tajuk “Siswa Cermat, Guru Hebat, Potensi Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Merespons Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0”, penyelenggaraan tingkat nasional tahun 2022 ini akan bertambah meriah dengan diadakannya lomba bagi GPAI TK dan Peserta Didik. D

Dua cabang lomba GPAI TK akan digelar, yakni Lomba Karya Inovasi Pembelajaran dan Lomba Karya Cipta Lagu. Sementara itu, dua cabang lomba siswa/I TK yang akan dihelat adalah Pemilihan Dai Cilik dan Hafalan Surah Pendek. Informasi pendaftaran lomba akan segera dimuat di pendis.kemenag.go.id. (Wahid/Setyo)

(01/SM)