Direktorat Pendidikan Agama Islam

MGMP PAI SMP Selenggarakan Bimtek Penulisan Jurnal Ilmiah PAI

Jakarta (Dit. PAI) -- Bertempat di SMPN 216 Jakarta Pusat, MGMP PAI SMP mengadakan Bimtek Jurnal Ilmiah Fajar pada selasa (13/12). Kegiatan ini diadakan dengan mengusung tema Guru PAI berkarakter MODIIS (Moderat, Inovatif, dan Inspiratif ).

Hadir dalam kegiatan ini, mewakili Direktur PAI, Kasubdit PAI pada SMP/SMPLB Direktorat PAI Agus Sholeh dan Pengembang Teknologi Pendidikan (PTP) Bidang Kesiswaan pada Subdit SMP/SMPLB Herry Zakaria Anshari, beberapa undangan lainnya, dan peserta bimtek yang terdiri dari perwakilan dari SMP se-Jakarta Pusat dengan jumlah 30 orang.

Dalam sambutannya, Agus Sholeh mengharapkan terwujudnya kerja sama yang makin produktif dalam pengembangan Jurnal Imlaih PAI "Fajar". "Mari menjadikan Jurnal Fajar ini sebagai wadah untuk melatih, mengasah, dan menjadikan budaya menulis ilmiah sebagai bagian dari upaya peningkatan keprofesian. Dengan saling bekerja sama dan bergotong royong antar-GPAI dan berbagi pihak terkait, insya Allah Jurnal Ilmiah Fajar akan segera terbit," harapnya (13/12).

Pada kesempatan setelahnya, Pengembang Teknologi Pendidikan (PTP) Bidang Kesiswaan pada SMP/SMPLB Herry Zakaria Anshari menjelaskan dengan detil terkait teknis penyusuunan dan penerbitan jurnal ilmiah PAI.

"Kita upayakan semaksimal mungkin untuk menyusun dan menerbitkan jurnal sesuai kaidah yang berlaku. Dengan upaya maksimal, semoga jurnal yang kita susun memberikan manfaat yang optimal," tuturnya.

Sementara itu, Ketua MGMP PAI SM Jakarta Pusat Mohamad Dirsan menyampaikan rasa bahagia atas kehadiran pihak Diretorat PAI. "Terima kasih atas kehadiran pejabat dari Direktorat PAI. Hal ini menambah motivasi dan semangat dalam persiapan penerbitan jurnal," ucapnya.

Selaku tuan rumah, Kepala SMPN 216 Imam, menyampaikan dukungannya atas kegiatan MGMP PAI SMP dan menyilakan untuk memanfaatkan fasilitas SMPN 216 guna kegiatan MGMP PAI SMP selanjutnya.

Kegiatan ini dihadiri koordinator Prodi PAI Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta ibu Izzatul Mardhiah yang memberikan motivasi terhadap peserta bimtek. Kehadirannya sebagai wujud penguatan kerjasama antara MGMP PAI SMP dg UNJ tentang Jurnal Ilmiah PAI.

Ditemui di lokasi yang sama, Ernawati, salah satu peserta GPAI SMP PKBM Karet Tengsin sangat senang memgikuti bimtek ini karena dapat menambah wawasan tentang teknis menulis karya ilmiah. (SubditSMP)


(01/SM)